Yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi saat Diare

Yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi saat Diare
DIET & NUTRISI 31 May 2018

Halodoc, Jakarta – Diare adalah penyakit yang biasa menyerang dan biasanya terjadi karena kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Kebiasaan tersebut antara lain sering mengonsumsi makanan yang kurang bersih dan tidak mencuci tangan sebelum makan.  Rasa mulas diiringi keinginan untuk terus buang air besar membuat kita merasa lemas. Cairan dalam tubuhmu pun pasti berkurang, sehingga saat kamu terserang diare harus dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

(Baca juga: Musim Hujan, Waspada 4 Penyebab Diare)

Untuk mengembalikan cairan dan tenaga di dalam tubuhmu, kamu harus segera mengonsumsi cairan dan sumber energi. Namun, kamu tidak boleh sembarang makan, karena terdapat makanan yang perlu dihindari saat diare. Kamu harus pintar memilih makanan dan minuman pendamping obat diare agar kondisimu segera pulih. Nah, inilah daftar makanan yang perlu dihindari saat diare:

 

  1. Makanan Berminyak dan Berlemak

Saat terserang diare, kamu harus menghindari makanan jenis ini sebab otot perutmu dapat menjadi tegang dan membuat penyakitmu semakin parah. Makanan berlemak bertanggung jawab atas rasa kembung yang terjadi akibat perlambatan pengosongan lambung. Tidak hanya itu, makanan berlemak akan membuat obat diare sulit terserap oleh tubuh.

 

  1. Susu Beserta Makanan Olahannya

Susu dan makanan olahannya harus kamu hindari saat terserang diare. Meski kamu tidak memiliki intoleransi laktosa sekalipun, sampai kondisi kamu sudah pulih, makanan jenis ini harus dihindari. Saat diare, tubuh akan mengalami kekurangan enzim laktase yang diperlukan tubuh untuk mencerna laktosa (jenis gula yang terkandung dalam susu). Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis makanan olahan susu yaitu, keju, yoghurt, dan es krim.

 

  1. Minuman yang Mengandung Soda, Kafein, dan Alkohol

Ketiga jenis minuman ini perlu kamu hindari sebab akan menyebabkan cairan dalam tubuhmu hilang lebih banyak. Mereka bertindak sebagai diuretik yang bertanggungjawab atas peningkatan produksi dan volume urine, sehingga berisiko memperparah dehidrasi saat kamu terserang diare. Selain itu, minuman soda dan yang mengandung alkohol akan menurunkan efektivitas obat diare yang sedang kamu konsumsi.

 

  1. Makanan Berserat Tinggi

Meski serat sangat baik dan wajib ada dalam menu makananmu sehari-hari, saat diare kamu harus membatasi makanan jenis ini. Makanan ini akan membuatmu mudah untuk BAB, sehingga perlu dihindari terlebih dahulu sampai kondisimu membaik. Contoh makanan dengan kandungan serat yang tinggi antara lain sayuran, pepaya, dan gandum utuh.

 

Sementara itu, agar kamu tidak kekurangan nutrisi selama terserang diare, berikut ini juga terdapat makanan yang wajib kamu konsumsi saat diare:

 

  1. Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Saat sedang terserang diare, penting bagimu agar tetap menjaga asupan makanan yang menyimpan banyak energi. Makanan yang dapat kamu konsumsi antara lain nasi putih atau bubur, apel yang dihaluskan, atau pisang.

  1. Makanan Berkuah

Saat diare, kamu harus terus mengonsumsi cairan dari mana pun sumbernya. Salah satu sumber cairan yang dapat kamu konsumsi adalah makanan dengan kuah seperti sup ayam, sayur bayam, dan semacamnya.

(Baca juga: Ini Jenis Makanan Supaya Enggak Gampang Sakit)

Nah, itu tadi makanan yang perlu dihindari saat diare dan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi selama kamu terserang diare. Jika kamu ingin bicara dengan dokter seputar masalah kesehatan, tak usah ragu untuk menggunakan fitur Chat, Video Call, dan Voice Call dari Halodoc. Kamu pun jadi bisa mengonsultasikan setiap masalah kesehatan yang sedang kamu rasakan. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

15 August 2018

Selain clean eating, ada beberapa cara diet lain yang juga menerapkan pola makan sehat, seperti vegetarian, ve...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

15 August 2018

Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi hijau adalah biji kopi biasa yang tidak melalui proses pemanggangan. In...

Selengkapnya