06 August 2018

Bolehkah Ibu Hamil Mengejan saat Buang Air Besar?

ibu hamil mengejan, bolehkah ibu hamil mengejan, tips menghindari mengejan saat hamil

Halodoc, Jakarta – Salah satu masalah kesehatan yang biasanya dihadapi ibu hamil adalah sembelit atau susah buang air besar. Terkadang feses yang keras harus membuat ibu hamil mengalami kesulitan saat buang air besar. Bahkan terkadang, ibu hamil harus mengejan terlebih dahulu agar masalah sembelit bisa teratasi. Namun, apakah ibu hamil boleh mengejan saat buang air besar?

Baca juga: Jenis & Manfaat Olahraga, yang Wajib Ibu Hamil Ketahui

Mengejan saat melakukan buang air besar sangat lumrah dilakukan, termasuk oleh ibu hamil. Namun perlu diperhatikan, saat hamil ada bayi dalam kandungan yang perlu dijaga dan dirawat. Sebaiknya ibu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung serat, sehingga tidak perlu mengejan terlalu sering demi kesehatan ibu dan bayi.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan ibu jika ingin mengejan saat buang air besar:

1. Jangan Mengejan Terlalu Kuat

Saat buang air besar, sebaiknya ibu hamil tidak mengejan terlalu keras. Dikhawatirkan bayi dalam kandungan akan ikut tertekan jika ada tekanan besar dari perut. Memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, sebaiknya menghindari mengejan dalam buang air besar. Tidak hanya membahayakan untuk kesehatan bayi saja, jika ibu mengejan terlalu keras ditakutkan ibu akan mengidap penyakit lain seperti wasir atau ambeien.

2. Mengejan dengan Cara yang Baik

Jika ibu hamil memang harus mengejan saat BAB, sebaiknya lakukan dengan aturan ritme dan pernapasan yang baik. Caranya adalah mengambil napas dari hidung, kemudian keluarkan perlahan dari mulut. Mengejan dengan sekuat tenaga tanpa aturan pernapasan yang baik hanya akan membuat ibu hamil terasa lelah dan lemas. Sebaiknya lakukan pernapasan sebaik mungkin saat mengejan.

3. Lakukan Buang Air Besar saat Waktunya Tepat

Sebaiknya jangan tunda keinginan untuk buang air besar. Karena. itu bisa menjadi salah satu faktor yang membuat ibu hamil menjadi sembelit. Jika ibu mengalami sakit perut dan ingin segera buang air besar, sebaiknya segera lakukan. Dengan rasa sakit perut yang ibu rasakan, tentu ibu tidak perlu mengejan terlalu keras.

Sebaliknya, jika ibu belum merasakan sakit perut, tapi perut terasa tidak nyaman, lebih baik ibu konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan berserat tinggi akan membantu ibu hamil untuk melancarkan pencernaan.

Tips Ibu Hamil Hindari Mengejan

Buang air besar yang sehat biasanya rutin dilakukan setiap satu atau dua kali sehari. Selain itu, pertanda buang air besar sehat jika ibu hamil terasa mudah saat melakukan BAB dan tidak perlu mengejan. Jadi, sebaiknya penuhi asupan serat dalam tubuh, agar pencernaan ibu hamil lancar.

Ibu bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Selain itu, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas atau olahraga ringan. Membuat gerakan ringan pada tubuh nyatanya dapat melancarkan pencernaan. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar untuk mengejan saat buang air besar.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan pada masa kehamilan sangat penting. Jika ibu memiliki keluhan mengenai kesehatan ibu dan perkembangan janin, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Ibu bisa melakukannya dengan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!