18 June 2018

Bukan Cita-cita, Hormon Bisa Tentukan Karir

hormon yang menentukan karir, kesehatan hormon, hormon mempengaruhi karir

Halodoc, Jakarta – Tubuh kita sebenarnya adalah sebuah ekosistem yang tentu perlu dijaga kesehatannya. Caranya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi dan gizi dengan baik. Hal-hal baik yang kita konsumsi, kebiasaan yang baik, dan juga kebiasaan buruk terkadang memengaruhi kesejahteraan tubuh, termasuk juga kadar hormon yang ada di dalam tubuh.

(Baca juga: Ternyata Wanita juga Bisa Berkumis, Cari Tahu Penyebabnya)

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel dalam tubuh dan diproduksi oleh kelenjar endokrin. Dalam setiap kegiatan yang ada pada tubuh kita, sebenarnya hanya sedikit hormon yang dibutuhkan. Namun, hormon dalam tubuh memiliki pengaruh yang cukup besar bagi tubuh, bahkan kehidupan manusia.

Hormon Seks yang Menentukan Karir Wanita

Ya, tentu hormon memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Misalnya pada wanita, hormon seks wanita yang paling utama adalah hormon estrogen dan progesteron yang diproduksi pada ovarium wanita. Menurut penelitian yang dimuat pada jurnal Hormone and Behaviour, mengungkap bahwa hormon seks pada wanita nyatanya dapat menentukan pilihan karir seorang wanita. Kondisi bawaan pada sistem reproduksi perempuan ternyata ikut andil dalam pemilihan karir seorang wanita.

Para wanita dengan kondisi hormonal yang dikenal dengan istilah CAH (Congenital Adrenal Hyperplasia) akan mengalami gangguan pada aktivitas enzim 21-hydroxylase. Gangguan ini akan muncul pada produksi hormon, sehingga produksi hormon androgen yang biasanya banyak terdapat pada para pria akan menjadi berlimpah pada wanita. Sehingga, meskipun dari fisik masih terlihat sangat feminin, beberapa sifat pada wanita akan seperti laki-laki. Salah satu sifat yang sangat terpengaruh dengan adanya hormon ini adalah pemilihan karir pada wanita tersebut. Para wanita yang mengalami ini akan lebih senang bekerja yang menantang.

Biasanya Pekerjaan yang dipilih para wanita yang memiliki kondisi hormonal CAH akan memilih pekerjaan yang banyak dilakukan oleh pria. Selain itu, pekerjaan yang berorientasi pada kebendaan akan menjadi pekerjaan yang menarik bagi wanita yang memiliki kondisi hormonal CAH. Beberapa pekerjaan tersebut antara lain:

  1. Bidang Ilmu Pengetahuan.
  2. Teknologi.
  3. Mekanika.
  4. Matematika.

Sedangkan pada wanita lainnya, biasanya mereka lebih cenderung memilih pekerjaan seperti seniman atau guru.

Hormon Testosteron Dapat Memengaruhi Kesuksesan Wanita

Hormon testosteron memang diketahui sebagai hormon laki-laki. Namun nyatanya, hormon testosteron juga diproduksi oleh wanita secara alami, meskipun jumlahnya memang tidak sebanyak pada para pria. Hormon testosteron juga berperan cukup penting bagi wanita beberapa diantaranya untuk mengatur suasana hati wanita, mengatur siklus haid, menjaga kesehatan tulang, bahkan hormon testosteron bisa memengaruhi kesuksesan seorang wanita.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter, hormon ini akan ikut memengaruhi penampilan wanita dan juga sikapnya dalam kehidupan. Biasanya, wanita dengan testosteron yang cukup tinggi membuat wanita akan lebih antusias dan berkualitas dalam karir. Selain itu, para wanita juga akan lebih mudah dan tegas dalam mengambil sebuah keputusan. Wanita juga akan lebih percaya diri saat berada dalam lingkungan kerja.

(Baca juga: Siapa yang Lebih Emosional, Pria atau Wanita?)

Sebaiknya tetap perhatikan kesehatan tubuh kamu. Jika ada keluhan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa melakukan Voice Call, Video Call, atau Chat dengan dokter ahli dan langsung mendapatkan jawaban mengenai keluhan yang kamu rasakan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!