• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Mimpi, Ketahui Cara Jadikan Kulit Lebih Sehat

Bukan Mimpi, Ketahui Cara Jadikan Kulit Lebih Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit yang cantik dan sehat merupakan mimpi kebanyakan orang. Untuk mendapatkannya, tak jarang seseorang rela melakukan berbagai cara dan perawatan. Namun  tahukah kamu bahwa ada cara yang cukup sederhana dan tak butuh banyak biaya untuk kulit cantik dan sehat?

Selama ini banyak orang meyakinibahwa  untuk mendapatkan kulit sehat, perlu sederet perawatan yang mahal dan membuang banyak waktu. Namun hal itu tak sepenuhnya benar. Lakukan 5 langkah sederhana ini untuk menjadikan kulit sehat tak lagi sebatas mimpi!  

1. Hindari Stres

Stres telah terbukti dapat mengacaukan kesehatan tubuh manusia, terutama kulit. Maka dari itu, menghindari stres adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat.

Saat kamu stres, kulit cenderung menjadi lebih sensitif dari biasanya. Kondisi ini dapat dengan mudah memicu timbulnya jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Seperti munculnya kerutan-kerutan dan kulit kusam. Agar kulit tetap sehat, cobalah untuk mengelola stres dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini.

2. Makanan Sehat

Kulit yang sehat juga bisa didapatkan dari makanan yang kaya akan gizi dan vitamin. Seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Mengonsumsi jenis makanan ini tak hanya baik bagi kulit, tapi juga dapat memberi manfaat sehat pada tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan sehat telah terbukti dapat memelihara kulit. Seperti makanan yang banyak mengandung vitamin C yang dapat memberikan kesan cerah dan awet muda pada kulit.

Selain makanan sehat, kecantikan kulit juga bisa dijaga dengan rutin meminum air setiap hari. Minum setidaknya dua gelas air saat bagun tidur dan satu gelas sebelum tidur di malam hari untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

3. Say No to Rokok

Keriput dan garis halus pada kulit juga bisa dipicu oleh kebiasaan merokok. Hal ini terjadi karena aktif merokok dapat menyebabkan pembuluh darah kecil pada lapisan terluar kulit menjadi lebih sempit. Kondisi ini dapat menghambat aliran oksigen ke dalam kulit.

Sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan juga tak dapat diserap oleh kulit saat seseorang aktif merokok. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat merusak kolagen dan serat elastun. Keduanya adalah komponen penting yang menjaga keelastisan kulit. Kandungan zat kimia pada rokok pun telah terbukti dapat membuat kulit lebih cepat tua.

4. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan kulit adalah hal utama yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat. Namun tetap harus ada hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan kulit, terutama wajah. Seperti hindari mencuci muka dengan air yang terlalu panas dan sabun yang mengandung deterjen tinggi karena dapat menghilangkan kelembaban kulit.

Sementara pada bagian lain, jaga kebersihannya dengan cara rutin mencukur bulu-bulu yang tumbuh. Tapi pastikan untuk melakukannya dengan benar dan tidak malah melukai kuliit.

5. Hindari Sinar Matahari

Pastikan kulit tidak terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Pasalnya saat kulit terpapar sinar matahari, risiko munculnya kerutan, bintik hitam dan kulit pecah-pecah semakin meningkat. Bahkan kulit yang sering terkena sinar matahari pun akan meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk perlindungan kulit, pilihkan tabir surya dengan SPF yang sesuai. Dan oleskan pada kulit setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Dan gunakan masker serta pakaian panjang jika benar-benar harus bekerja  di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

Kalau kamu termasuk orang yang memiliki aktivitas tinggi di bawah sinar matahari, pastikan untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Download Halodoc di App Store dan Google Play untuk mulai membeli obat serta merencanakan pemeriksaan laboratorium.