Bukan Radang, Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Bukan Radang, Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti merasa tidak nyaman saat mengalami sakit tenggorokan. Gangguan tersebut menyebabkan kamu sakit saat menelan dan aktivitas juga menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman yang timbul. Maka dari itu, sakit tenggorokan yang terjadi harus segera diatasi.

Umumnya, penyebab sakit saat menelan disebabkan oleh radang. Padahal, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh hal tersebut. Maka dari itu, kamu harus tahu hal lainnya yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit. 

Baca juga: Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Sakit Tenggorokan Jadi Penyebab Sakit saat Menelan

Terdapat banyak alasan kenapa seseorang mengalami sakit saat menelan. Hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh infeksi atau pil yang tertelan melalui jalur yang salah. Walau begitu, kamu mungkin mengalami gangguan yang lebih serius dari dua hal tersebut.

Kamu mungkin merasakan sakit di banyak bagian pada mulut, seperti tenggorokan, sepanjang kerongkongan, hingga bagian tengah dada. Untuk mengetahui gangguan tersebut secara pasti, kamu dapat menemui dokter, terutama jika gangguan tidak kunjung sembuh. Memastikan gangguan yang terjadi secara dini dapat mempercepat penyembuhan yang dilakukan.

Walau begitu, kamu mungkin mengalami sakit tenggorokan yang tidak disebabkan oleh radang. Memang kebanyakan orang mengidentikkan gangguan pada tenggorokan dengan terjadinya peradangan, padahal belum tentu benar adanya. Selain radang, ini penyebab sakit saat tenggorokan yang sebabkan kesulitan menelan, yaitu:

  1. Infeksi Bakteri

Penyebab sakit menelan yang pertama adalah disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan kamu mengalami sakit tenggorokan. Ketika terjadi, amandel mengalami bengkak. Seseorang yang mengalami infeksi bakteri pada tenggorokannya harus mendapat pengobatan antibiotik. Jika tidak segera diobati, kamu bisa mengalami komplikasi serius, seperti kerusakan jantung atau ginjal.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait sakit tenggorokan yang terjadi, dokter dari Halodoc dapat segera membantu. Kamu hanya perlu untuk download aplikasi Halodoc ke smartphone kamu! Juga, kamu dapat memesan obat untuk mengatasi gangguan pada tenggorokan dengan pemesanan online melalui aplikasi tersebut.

  1. Luka pada Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan lainnya adalah terjadinya luka pada bagian tersebut. Salah satu penyebab sakit menelan ini disebabkan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu tajam sehingga menimbulkan luka. Maka dari itu, kamu dapat mencegah gangguan ini terjadi dengan memastikan makanan telah halus saat akan melewati tenggorokan agar tidak menyebabkan luka.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Radang Amandel dan Radang Tenggorokan

  1. Penyakit Asam Lambung

Kamu juga bisa mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit asam lambung. Hal ini umumnya disebabkan gangguan asam lambung yang kronis. Ketika terjadi, kamu dapat mengalami asam lambung naik ke kerongkongan sehingga terjadi iritasi pada dinding di area tersebut. Sebagai dampaknya, kamu akan mengalami rasa sakit ketika menelan.

  1. Infeksi yang Menyebabkan Flu atau Sinus

Sakit tenggorokan menyebabkan sulit untuk menelan. Salah satu penyebab dari gangguan ini adalah infeksi yang menyebabkan kamu mengalami flu atau sinus. Hal ini terjadi sehari sebelum kamu mengalami gejala lain, seperti pilek dan batuk. Untuk mengatasi gangguan tersebut, kamu dapat lebih banyak istirahat dan mengonsumsi cairan lebih.

Baca juga: Sulit Menelan? Kenali Gejala Disfagia

  1. Kekeringan

Kamu dapat mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh kekeringan pada bagian tersebut. Udara yang kering membuat tenggorokan kamu terasa kasar dan gatal sehingga tidak nyaman ketika menelan. Selain itu, bernapas melalui mulut karena hidung tersumbat juga bisa menyebabkan tenggorokan kamu kering dan sakit.

Berikut adalah penyebab sakit saat menelan selain radang yang dapat menyerang bagian tenggorokan. Beberapa gangguan dapat menyebabkan kelainan yang parah. Maka dari itu, kamu harus senantiasa menjaga bagian tersebut dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi sesuatu yang lembut agar tenggorokan tidak terluka.

Referensi:
Mayo Clinic.Diakses pada 2019.Sore throat
WebMD.Diakses pada 2019.Why Does It Hurt to Swallow?