08 May 2018

Cadel Hingga Dewasa, Sakit atau Kebiasaan?

Cadel Hingga Dewasa, Sakit atau Kebiasaan?

Halodoc, Jakarta – Cadel adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam melafalkan beberapa huruf atau kata tertentu dengan benar. Misalnya kesulitan mengucapkan huruf R, S, atau L. Seringnya kondisi ini dialami oleh anak-anak yang baru mulai belajar berbicara.

Pada awalnya, cadel terjadi pada anak balita sebab pada saat-saat itu, si kecil mulai belajar untuk melafalkan huruf satu persatu. Nah, kemampuan anak dan organ yang belum sempurna membuat kesalahan-kesalahan kecil ini mungkin terjadi.

Biasanya cadel akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Cadel pada anak-anak terjadi karena belum sempurnanya otot lidah. Hal itu membuat balita cenderung sulit untuk melafalkan beberapa abjad. Hal itu yang kemudian membuat huruf atau kata yang diucapkan si kecil terdengar aneh dan tidak benar.

Namun pada beberapa kasus, cadel juga sering dianggap sebagai gangguan bicara. Apalagi jika terjadi pada anak yang sudah mulai tumbuh dewasa. Umumnya anak akan mulai belajar mengucapkan kata pada usia 1 hingga 2 tahun. Pengetahuan dan kosakata anak akan berkembang seiring berjalannya waktu, dan disertai dengan kemampuan bicara yang meningkat pula. Hal itu membuat cadel biasannya akan muncul sejak anak belajar bicara hingga usia 5 tahun.

Cadel pada orang dewasa, apa yang salah?

Seiring dengan berkembangnya usia dan kemampuan bicara anak, biasanya cadel akan mulai tersamarkan bahkan menghilang. Meski sulit untuk memprediksi apakah cadel akan dibawa hingga dewasa. Namun umumnya cadel yang terjadi karena kebiasaan bicara saat kecil atau ketidakmampuan organ dalam mengucapkan kata akan menghilang dan tidak terbawa sampai dewasa.

Lain halnya jika cadel terjadi karena adanya gangguan bicara atau masalah lainnya. Seringnya cadel terjadi karena lidah yang menonjol di antara dua gigi bagian depan. Posisi lidah yang menyentuh kedua gigi depan bisa membuat seseorang kesulitan dalam melafalkan beberapa huruf, misalnya S, T, atau Z.

Seringnya, cadel yang terbawa hingga dewasa terjadi akibat bentuk lidah atau kemampuan mengendalikan otot-otot lidah kurang sempurna. Sehingga kata-kata yang dilafalkan terdengar tidak jelas.

Bisakah Cadel Disembuhkan?

Berita baiknya, cadel pada anak sebenarnya bisa hilang. Salah satu caranya adalah dengan mendorong si kecil belajar dan berlatih untuk melafalkan huruf dengan sempurna. Hal ini akan merangsang kerja otot-otot lidah,  sehingga si kecil akan lebih baik dan lebih mampu untuk berbicara dengan jelas.

Namun jika cadel terjadi pada anak yang sudah berusia lebih dari 5 tahun, tentu pengobatan yang dilakukan tidak sesederhana itu. Selain melatih dan membiasakan diri melafalkan satu huruf dengan benar, cadel yang terbawa hingga usia dewasa harus mendapat penanganan dari ahli terapi bicara.

Terapi bicara yang dilakukan akan membantu sang buah hati untuk melafalkan huruf dengan benar. Kondisi cadel yang terjadi karena masalah yang lebih parah lainnya, mungkin akan membutuhkan penanganan yang lebih pula. Jika ragu dan cadel sudah terasa mulai mengganggu, segera lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab cadel dan kenapa kondisi itu bisa terbawa hingga dewasa.

Mencegah cadel pun bisa dilakukan sejak dini, yaitu dengan mendorong anak untuk terus belajar. Bantu meningkatkan kemampuan anak dalam belajar dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen yang dibutuhkan. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!