07 June 2018

Camilan Sehat Saat Mudik, Apa Saja?

Camilan Sehat Saat Mudik, Apa Saja

Halodoc, Jakarta – Mudik adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat, apalagi menjelang lebaran. Perjalanan mudik setiap orang pun berbeda-beda. Transportasi yang digunakan juga menentukan waktu tempuh para pemudik. Selain itu, kondisi jalanan yang macet membuat waktu mudik semakin lama, maka sebaiknya kamu tetap menyiapkan camilan sehat untuk menemani kamu selama melakukan perjalanan mudik.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

  • Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan segar nyatanya dapat mendistribusikan vitamin ke seluruh tubuh kita, sehingga saat kamu menghabiskan waktu yang cukup panjang di perjalanan menuju kampung halaman stamina kamu tetap terjaga. Jeruk dan papaya merupakan pilihan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dan E. Vitamin tersebut sangat baik untuk kebutuhan vitamin sehari-hari dan dapat menjadi antioksidan untuk tubuh kamu saat perjalanan mudik.

Kamu juga bisa menyiapkan bekal semangka atau melon, lho. Kedua buah ini mengandung air yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kamu dalam perjalanan agar terhindar dari dehidrasi. Sebagai pilihan lain, kamu bisa membawa pisang sebagai bekal kamu dalam perjalanan. Pisang mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

  • Roti Gandum

Gandum merupakan biji-bijian yang dapat diolah menjadi roti yang tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu. Nyatanya, roti gandum berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh kamu, lho. Pada saat perjalanan mudik, tentu kamu membutuhkan energi lebih selama di perjalanan menuju kampung halaman. Nah, agar tidak membosankan, kamu bisa pilih roti gandum dengan berbagai macam isi.

Kamu juga bisa membuat sandwich dari roti yang berbahan roti gandum. Selain energi kamu akan tetap terjaga, perut kamu juga tidak akan merasakan cepat lapar. Selain itu, kebersihan camilan yang kita buat sendiri lebih terjaga.

  • Kacang Almond dan Kacang Mete

Siapa yang tidak suka camilan kacang saat perjalanan jauh? Ya, kamu bisa memilih kacang almond atau kacang mete sebagai camilan perjalanan panjang kamu saat kamu mudik. Almond sendiri memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti serat pangan, lemak tak jenuh, vitamin B, dan juga vitamin E. Selain itu, dengan mengonsumsi kacang almond kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Kamu bisa memilih sendiri cara penyajiannya, bisa dipanggang atau disangrai.

  • Sayuran Kukus

Tidak hanya buah-buahan, kamu juga bisa membawa sayuran kukus saat perjalanan mudik kamu. Namun perlu kamu perhatikan, sayuran kukus akan cepat layu dan basi. Sebaiknya menu sayuran kukus ini kamu makan paling pertama dibandingkan camilan yang lainnya, agar saat dinikmati masih terasa nikmat dan segar.

  • Kue Jahe atau Air Jahe

Tidak jarang dalam perjalanan mudik, orang mengalami mabuk perjalanan. Untuk menghindari atau mengobati mabuk perjalanan ini, kamu bisa berbekal kue jahe atau air jahe saat perjalanan mudik. Kandungan dalam jahe ternyata mampu menghindari kamu dari rasa mual dan pusing akibat perjalanan mudik yang panjang dan jauh. Selain itu, air jahe juga bisa membantu untuk membuat tubuh kamu tetap terasa hangat dan segar selama perjalanan menuju kampung halaman. Jangan lupa tambahkan madu agar rasanya lebih segar dan stamina kamu tetap terjaga.

(Baca juga: Mual Saat Mudik, Coba Atasi dengan Cara Ini)

Sebaiknya siapkan kondisi kesehatan yang paling baik saat akan melakukan perjalanan mudik. Jangan lupa tanya setiap keluhan yang kamu rasakan saat melakukan perjalanan mudik melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga agar perjalanan mudik kamu menyenangkan!