03 January 2018

Cara Ampuh Atasi Masalah Kesehatan Mulut karena Makanan

Cara Ampuh Atasi Masalah Kesehatan Mulut karena Makanan

Halodoc, Jakarta – Ada banyak masalah kesehatan mulut dan gigi. Misalnya saja bau mulut, gusi bengkak, sariawan, dan masih banyak lagi. Masalah kesehatan mulut dan gigi ini pun bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja konsumsi makanan yang mengandung bau seperti petai dan jengkol, mengonsumsi makanan pedas berlebihan yang menyebabkan panas dalam, jarang gosok gigi sehingga bakteri menumpuk pada gigi dan gusi, serta masih banyak lagi. 

Lalu bagaimana sih menjaga kesehatan gigi dan mulut? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, yuk coba intip triknya berikut ini:

  • Menggosok Gigi

Menggosok gigi adalah cara yang paling tepat untuk membersihkan gigi secara rutin. Paling tidak kegiatan ini harus kamu lakukan dua kali sehari dan sebelum tidur. Lebih baik lagi kalau dilakukan setiap setelah makan. Jadi sisa makanan enggak akan menempel dan menyebabkan plak di gigi. Apalagi kalau kamu baru mengonsumsi makanan dengan aroma yang tajam seperto jengkol dan petai.

  • Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan air liur dalam mulutmu, sehingga beberapa bakteri yang tertinggal dalam mulut bisa dihilangkan dengan air liur tersebut. Hindari memilih permen karet yang mengandung gula, karena dapat menyebabkan bakteri penyebab bau mulut semakin berkembang subur. Tapi pilihlah permen karet yang mengandung xylitol yang bermanfaat melawan bakteri dalam mulutmu. 

  • Minum Kopi Pahit

Bubuk kopi terkenal akan khasiatnya menghilangkan bau tidak enak, termasuk pada mulut. Ingat bahwa gula dapat menyuburkan bakteri penyebab bau mulut, jadi kamu dianjurkan untuk meminum kopi hitam tanpa gula alias kopi pahit agar aroma tidak sedap pada mulut bisa lekas hilang.

  • Minum Teh Hijau

Kandungan polyphenols pada teh hijau ampuh untuk menetralisir bau akibat mengonsumsi makanan dengan aroma tajam. Selain itu juga bisa membuat mulut terasa lebih fresh dan segar, lho.

  • Minum Susu

Selain kopi pahit dan teh hijau, minuman lainnya yang juga dapat menetralisir rasa tidak enak dalam mulut. Susu mengandung senyawa allyl sulfida metil yang dapat menetralkan aroma tidak sedap dalam mulut.

  • Makan Buah-buahan

Apel dapat membantu untuk mengatasi plak pada gigi. Ini karena teksturnya yang padat dan keras justru bisa membantu kesehatan gigi kamu. Jadi saat tiba waktu untuk makanan pencuci mulut, sebaiknya langsung saja pilih apel, ya. 

  • Berkumur dengan Obat Kumur

Setelah menggosok gigi, berkumurlah dengan cairan obat kumur yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi serta membasmi bakteri. Nah, agar terhindar dari masalah kesehatan mulut dan gigi, kamu bisa secara rutin menggunakan menggunakan Betadine Obat Kumur yang mengandung povidone iodine yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri dalam mulut dan bau tidak sedap. Selain itu, Betadine Obat Kumur pun bisa mengatasi sakit tenggorokan dengan berkumur selama 30 detik jika dilakukan rutin sebanyak 3-5 kali sehari.

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan pada gigi dan mulut, cobalah untuk membicarakan kondisi tersebut kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk menanyakan seputar kesehatan kulit melalui Video/Voice Call dan Chat

Lalu kalau kamu ingin melakukan cek kesehatan, seperti kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa menggunakan Lab Service di aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas laboratorium akan datang pada waktu yang sudah ditentukan. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.