27 December 2017

Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Halodoc, Jakarta – Bau mulut merupakan masalah kesehatan yang sangat mengganggu.  Pengidap bau mulut pasti akan merasa tidak percaya diri, karena takut orang yang diajaknya bicara jadi ilfil dengan bau napasnya yang tidak segar. Karena itu, bau mulut tidak bisa didiamkan saja, berikut cara-cara ampuh menghilangkan bau mulut.

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan bau mulutmu menjadi tidak sedap atau disebut juga dengan halitosis. Namun, yang menjadi penyebab utama bau mulut adalah karena adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang dan masalah gusi. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, seperti:

  • Diabetes.
  • Gangguan hati.
  • Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis.
  • Kondisi mulut kering atau yang disebut juga dengan xerostomia, karena produksi air liur terganggu akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  • Gangguan saluran pencernaan.
  • Sinusitis yang memproduksi post nasal drip, yaitu aliran cairan kental yang terdapat dari rongga sinus ke tenggorokan.

Hal-hal lain yang juga menyebabkan bau nafas jadi tidak sedap adalah karena kurang menjaga kebersihan mulut, habis mengonsumsi jenis makanan tertentu yang berbau menyengat, kebiasaan merokok dan minuman beralkohol, diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat, dan faktor genetika atau keturunan.

Dengan mengetahui penyebab bau mulut, beberapa cara pun bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang mengganggu ini:

  • Menjaga Kebersihan Mulut & Gigi

Sudah tidak diragukan lagi bahwa cara yang satu ini adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Kebersihan mulut dan gigi dapat dijaga dengan cara menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Lalu berkumur dengan mouthwash yang tidak mengandung alkohol, ganti sikat gigi dua bulan sekali, cek kesehatan gigi minimal 6 bulan sekali. Untuk orang tua yang menggunakan gigi palsu, lepas dan bersihkan gigi palsu secara rutin.

  • Perbanyak Mengonsumsi Serat & Minum Air Putih

Banyak makan buah dan sayuran yang tinggi akan serat sangat baik untuk membantu menetralkan metabolisme di dalam tubuh, sehingga bau mulut dan masalah kesehatan lainnya pun dapat dicegah. Sedangkan memperbanyak minum air putih dapat mencegah mulut menjadi kering yang merupakan penyebab bau mulut, serta membantu membersihkan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

  • Hentikan Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Bau Mulut

Seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi kopi berlebih. Hindari juga beberapa jenis makanan yang memiliki bau menyengat, seperti jengkol, petai, bawang, dan terasi.

  • Mengunyah Permen Karet

Cara ini juga ampuh mengusir bau mulut. Tapi pilihlah permen karet yang rendah gula dan mengandung xylitol. Zat ini sangat ampuh melawan bau mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri. Kunyah permen karet xylitol lima menit setelah makan.

  • Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Daun sirih terkenal sebagai bahan alami yang mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah bau mulut. Bagi kamu yang kurang nyaman jika harus mengunyah daun sirih, kamu dapat berkumur dengan air rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau tak sedap dari mulutmu. Selain daun sirih, bahan-bahan alami lainnya yang juga biasa digunakan untuk mengatasi bau mulut adalah cengkeh, kayu manis dan daun peppermint.

  • Mengonsumsi Yogurt

Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa mengonsumsi 85 gram yogurt bebas gula, dua kali sehari selama enam minggu, dapat menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Hal ini karena yogurt membantu menurunkan kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab bau tidak sedap.

Jika bau mulut yang kamu alami tidak kunjung hilang, cobalah untuk membicarakan kondisi tersebut kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk menanyakan seputar kesehatan kulit melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.