05 October 2017

Cara Ini Lenyapkan Rasa Pegalmu Selama Hamil

Cara Ini Lenyapkan Rasa Pegalmu Selama Hamil

Halodoc, Jakarta - Tidak mudah menjadi ibu hamil. Salah satu tantangan terbesarnya adalah rasa pegal yang dirasa ketika perut semakin membesar. Mengalami pegal selama masa kehamilan memang nyaris tak dapat dihindari bagi setiap wanita. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan demikian, mulai dari berat badan yang mengalami kenaikan hingga pengaruh hormon yang mengendorkan otot serta ligamen di seluruh bagian tubuh, semua ini bisa membuat kamu mudah lelah saat mengandung.

Untuk mengembalikan rasa nyamanmu selama mengandung 9 bulan, atasi pegal saat hamil dengan cara-cara berikut ini:

1.  Mandi Air Hangat
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk atasi pegal saat hamil adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat sejak dulu dipercaya punya banyak manfaat baik untuk kesehatan, tak terkecuali menghilangkan pegal saat hamil. Bahkan ada istilah ‘heat therapy’ untuk menggambarkan cara meredakan cedera atau rasa sakit dengan air hangat. Sembari mandi dengan air hangat, lakukan sedikit peregangan. Cara ini akan membuat fleksibilitas otot meningkat dan rasa pegal pun hilang.

2.  Pijat Tubuh Perlahan
Selain mandi air hangat, trik mudah lainnya untuk atasi pegal saat hamil tentu saja dengan memijat tubuhmu. Pijatan ini mungkin bisa meredakan pegal-pegal yang kamu rasakan. Kamu bisa mendatangi tempat pijat khusus ibu hamil atau untuk praktisnya, mintalah suami untuk membatu memijat bagian tubuhmu yang terasa pegal tersebut.

3.  Kenakan Penyangga Perut Khusus Ibu Hamil
Penyangga perut ini berfungsi menahan beban yang berpusat di perut ibu hamil, mulai dari bagian punggung dan area bawah panggul agar tidak terlalu terbebani perut yang semakin membesar. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa pegal lagi. Ibu hamil yang masih aktif disarankan memilih maternity belt (bentuknya seperti ikat pinggang), karena sangat praktis digunakan seharian di kantor. Tetapi ada juga yang merasa penggunaan maternity girdle atau prenatal cradle (berupa celana) atau support harness (belt yang menyangga perut, panggul dan punggung sekaligus) lebih nyaman.

4.  Coba Olahraga Rutin
Lakukan olahraga ringan secara rutin agar peredaran darah ibu hamil tetap baik dan lancar. Kamu bisa melakukan olahraga ibu hamil seperti berjalan kaki setiap pagi atau sore hari, berenang, yoga, ataupun senam ibu hamil. Selain mampu atasi pegal saat hamil, olahraga yang rutin juga mampu memudahkan proses persalinan normalmu nantinya, lho.

5.  Tidur Menyamping
Menghilangkan pegal saat hamil juga bisa kamu lakukan dengan mengatur posisi tidur dengan baik. Disarakan tidur dengan posisi menyamping, tanpa melibatkan punggungmu sama sekali. Pastikan pula salah satu atau kedua lutut tertekuk. Tempatkan satu bantal diantara lututmu atau bagian tubuh lain di bawah perut agar posisi tidurmu ini lebih nyaman.


Rasa pegal ini sesungguhnya wajar dialami semua ibu hamil dengan usia kandungan di atas 6 bulan. Namun, tidak ada salahnya juga kamu mencoba 5 tips atasi pegal saat hamil di atas demi kenyamananmu hingga hari persalinan. Untuk mengetahui tips kehamilan lainnya, tanyakan langsung dengan dokter yang ahli melalui aplikasi Halodoc. Semua dokter yang terhubung dalam aplikasi Halodoc ini siap menjawabnya selama 24/7. Lebih dari itu, kamu juga bisa menikmati layanan Pharmacy Delivery untuk memenuhi segala kebutuhan obat-obatan tanpa perlu keluar rumah. Tunggu apa lagi? Dapatkan segala keuntungannya bagi kesehatanmu dengan men-download aplikasi Halodoc sekarang di Google Play dan App Store!

BACA JUGA: Bagi Para Wanita, Simak 4 Cara Meningkatkan Kesuburan Ini