• Home
  • /
  • 6 Cara Jitu Mengatasi Gatal pada Kulit

6 Cara Jitu Mengatasi Gatal pada Kulit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
6 Cara Jitu Mengatasi Gatal pada Kulit

Halodoc, Jakarta - Gatal atau yang juga dikenal sebagai ‘pruritus’, dapat menyebabkan ketidaknyamanan, dan bahkan mengganggu aktivitas. Mungkin kamu bingung bagaimana mengatasi rasa gatal di kulit ini. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kulit yang gatal dapat terjadi karena berbagai alasan. 

Beberapa penyebab gatal yang umum terjadi di antaranya karena alergi serbuk tanaman, seperti ragweed atau poison ivy. Psoriasis adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit bersisik dan kering karena penumpukan sel kulit, serta gatal di sekitar bercak kulit kering. Bisa juga karena gigitan serangga. Untuk beberapa jenis dan penyebab gatal di kulit yang umum terjadi, inilah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya:

1. Mandi dengan Oatmeal

Oatmeal koloid bukanlah oatmeal yang dimakan untuk sarapan. Jenis oatmeal ini terbuat dari oat yang telah ditumbuk menjadi bubuk yang sangat halus. Produk alami ini digunakan dalam banyak jenis sabun dan losion, kamu juga bisa menambahkannya ke dalam bak mandi. 

Cara ini juga aman untuk membantu mengobati rasa gatal dari berbagai penyebab. Kamu dapat menemukan oatmeal koloid di apotek atau membuatnya sendiri dengan menggiling gandum menjadi bubuk halus. 

Baca juga: Bikin Kulit Gatal, Ini 6 Pengobatan Dermatitis Kontak

2. Gel Lidah Buaya

Salah satu cara alami yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gatal yaitu dengan gel lidah buaya atau pendingin mentol untuk gatal ringan yang disebabkan oleh sengatan matahari atau gigitan nyamuk. Gel lidah buaya menghasilkan efek pendingin. 

3. Aplikasikan Pelembab

Pelembap seperti krim dan losion dapat membantu melembapkan lapisan kulit terluar. Pelembap sangat penting untuk mengelola kondisi kulit yang menyebabkan gatal dan kekeringan. Pilihlah pelembap yang mengandung emolien. Cara terbaik mengaplikasikan pelembap yaitu setelah mandi. 

4. Baking Soda

Siapa sangka ternyata soda kue memiliki sifat antijamur, dan ini merupakan pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit jamur. Baking soda sering digunakan terutama untuk mengatasi gatal di kulit. 

Gunakan seperempat cangkir soda kue ke bak mandi yang telah diisi dengan air hangat. Atau kamu juga bisa mengolah soda kue dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan langsung ke area yang gatal. 

Baca juga: Kenali Biang Keringat, Ruam Kulit yang Terasa Gatal di Kulit

5. Antihistamin

Histamin adalah bahan kimia dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi, termasuk gatal. Antihistamin umum digunakan untuk mengatasi reaksi alergi. Namun, kebanyakan obat antihistamin menimbulkan efek samping rasa kantuk. Jadi, sebaiknya gunakan obat sebelum tidur. 

6. Hidrokortison

Krim anti-gatal adalah cara umum lainnya yang dapat menenangkan kulit yang gatal. Pilihlah krim anti-gatal yang mengandung setidaknya 1 persen hidrokortison. Obat ini menghambat respons peradangan dalam tubuh dan dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan gatal. Krim ini harus digunakan untuk periode sesingkat mungkin dan dan hentikan segera setelah pulih. 

Cara lain yang tidak kalah penting untuk menghentikan rasa gatal yaitu berhenti menggaruk. Sebab, menggaruk justru tidak akan mengatasi masalah, bahkan dapat merobek kulit, mencegahnya sembuh, serta dapat menyebabkan infeksi. Daripada menggaruk kulit, sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan tidak membuat kulit teriritasi. Selain itu, potong kuku secara rutin. 

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit

Jika rasa gatal masih ada selama tiga hari atau lebih, sebaiknya bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Walaupun gatal biasanya tidak menunjukkan masalah serius, gatal di seluruh tubuh terkadang bisa menjadi tanda kondisi serius, termasuk tiroid ginjal, penyakit hati, atau bahkan kanker.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Itchy skin (pruritus).
Healthline. Diakses pada 2020. The 8 Best Remedies for Itching.