26 March 2018

Cara Kerja Diet Mayo yang Efektif Turunkan Berat Badan

Cara Kerja Diet Mayo yang Efektif Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, pastinya pernah mendengar diet mayo kan. Metode diet yang menghindari konsumsi garam ini memang populer dalam dua tahun belakangan ini. Apalagi setelah sejumlah orang berhasil menurunkan berat badan dalam waktu 12-14 hari, jadi semakin banyak orang yang tertarik mencoba diet ini. Kamu juga tertarik mencoba diet mayo? Yuk, ketahui cara kerja diet mayo yang efektif turunkan berat badan.

Lebih dari sekadar menghindari asupan garam dan karbohidrat, diet mayo merupakan sebuah pola makan yang menggabungkan cara pemilihan makanan, perubahan gaya hidup dan pemenuhan kalori yang disesuaikan oleh masing-masing orang. Jadi, diet mayo membantu untuk mengendalikan berat badan dalam jangka panjang dengan cara mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat. Diet mayo terdiri dari dua fase:

  • Lose It!

Lose it! merupakan fase awal dari diet mayo. Fase ini berlangsung selama dua minggu, dengan tujuan untuk mengurangi berat badan kamu. Diharapkan pada dua minggu pertama ini, berat badan akan berkurang sekitar 2-4,5 kilogram. Pada fase lose it!, kamu tidak perlu menghitung jumlah kalori yang masuk. Kamu boleh ngemil sepuas-puasnya asalkan camilannya adalah buah dan sayuran. Selain itu, kamu juga harus mengganti kebiasaan tidak sehat dengan gaya hidup sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat seperti mengonsumsi makanan berlemak, sering ngemil camilan manis, atau makan sambil menonton televisi, diganti dengan mengonsumsi sarapan sehat, makan empat porsi sayur dan tiga porsi buah setiap hari, memilih biji-bijian utuh dan lemak sehat, serta rutin berolahraga.

Dalam diet mayo, terdapat piramida makanan yang merupakan panduan gizi. Pada bagian bawah piramida, terdapat sayur dan buah-buahan sebagai makanan yang bisa kamu konsumsi paling banyak. Di bagian tengah piramida, ada asupan karbohidrat, daging dan produk susu, serta lemak. Dan di bagian piramida paling atas, terdapat makanan manis, yang artinya kamu hanya boleh mengonsumsi makanan manis sangat sedikit setiap harinya.

Tidak hanya menentukan makanan, diet mayo juga mendorong kamu untuk berolahraga secara rutin untuk membantu tubuh membakar kalori. Bagi pemula, kamu bisa mulai berolahraga sekitar 5-10 menit, lalu tingkatkan secara bertahap. Program diet mayo menyarankan kamu untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit per hari.

  • Live It!

Setelah kamu berhasil membiasakan diri dengan kebiasaan baik di dua minggu pertama, dua minggu setelahnya adalah fase live it!. Pada fase ini, kamu harus meningkatkan intensitas dan frekuensi olahraga, mengatur pola makan sedemikian rupa, serta tetap melakukan kebiasaan sehat pada fase sebelumnya. Fase live it! membantu kamu untuk mempertahankan target berat badan secara permanen.

Pembatasan Jumlah Kalori Diet Mayo

Agar berat badan kamu bisa berkurang, jumlah asupan kalori yang masuk ke tubuh otomatis harus dibatasi. Berikut jumlah kalori yang dianjurkan diet mayo berdasarkan jenis kelamin dan berat badan:

  • Wanita dengan berat badan di bawah 110 kilogram bisa memulai diet mayo dengan batasan jumlah kalori 1200 per hari.
  • Wanita dengan berat badan 110-135 kilogram, jumlah yang disarankan adalah 1400 kalori per hari.
  • Wanita dengan berat badan di atas 140 kilogram, disarankan mengonsumsi 1600 kalori setiap hari.
  • Pria dengan berat badan di bawah 110 kilogram, kalori yang dibutuhkan sekitar 1400 kalori.
  • Pria dengan berat badan 110-135 kilogram, butuh 1600 kalori per hari.
  • Pria dengan berat badan 135 kilogram, butuh 1800 kalori per hari.

Lakukanlah panduan diet mayo di atas dengan disiplin agar kamu bisa mencapai target berat badan yang kamu harapkan. Selain untuk menurunkan berat badan, jenis diet ini juga cocok untuk kamu yang ingin memperbaiki kebiasaan makan dan gaya hidup tidak sehat. Tapi, sebelum memutuskan menjalani program diet apapun, ada baiknya jika kamu membicarakan dahulu kepada dokter. Hal ini penting terutama buat kamu yang punya kondisi kesehatan tertentu. Jika kamu ingin mencoba diet mayo, kamu bisa meminta saran kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call kapan saja dan di mana saja. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.