Cara Memasak Sehat Tanpa Minyak

Cara Memasak Sehat Tanpa Minyak
DIET & NUTRISI 20 April 2018

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang lebih suka mengonsumsi makanan yang digoreng daripada makanan yang direbus. Selain rasanya lebih enak, karena gurih dan ada sensasi renyah di mulut, memasak makanan dengan cara menggoreng pun dianggap lebih mudah. Namun tahukah kamu, mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng dengan menggunakan banyak minyak sangat tidak sehat, lho. Itulah sebabnya, para ahli kesehatan lebih banyak menyarankan memasak tanpa minyak.

Cara memasak makanan dengan menggunakan minyak seperti deep fried, yaitu menggoreng dengan cara merendam makanan dalam minyak yang banyak dan panas, sangat tidak sehat. Pasalnya, makanan yang diolah dengan cara seperti ini cenderung mengandung kadar lemak dan kolesterol yang tinggi. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, mungkin masih tidak terlalu memberikan dampak yang berarti. Namun, bila kamu mengonsumsi makanan yang digoreng dalam jumlah banyak dan terlalu sering, kamu berisiko mengalami berbagai macam penyakit seperti kolesterol, obesitas, sampai penyakit jantung.  

Jadi, cobalah cara memasak yang lebih sehat yaitu tanpa menggunakan minyak. Tidak sulit kok. Ini beberapa pilihan cara memasak yang tidak menggunakan minyak:

1. Memasak dengan Air

Gantilah kebiasaan menggoreng makanan dengan menggunakan minyak menjadi memasak makanan dengan menggunakan air atau kaldu sayuran. Kamu bisa menggoreng bawang cincang dengan sedikit minyak dan sedikit tambahan garam. Namun setelah itu, tambah air dan tumis bahan masakan dalam wajan panas. Tambahkan juga sayuran lainnya.

2. Kukus

Kamu juga bisa mengolah makanan seperti daging, ikan, dan ayam dengan cara dikukus atau ditim. Makanan yang dikukus mengandung kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah, sehingga lebih menyehatkan. Selain itu, mengukus juga bisa membuat makananmu menjadi lebih harum dan menggugah selera.

3. Merebus

Daripada mengonsumsi ayam goreng, mengonsumsi ayam rebus jauh lebih baik untuk kesehatan dan tidak membuat gemuk. Kamu bisa membuat sup dengan menggunakan air atau kaldu mendidih, lalu tambahkan daging ayam dan sayuran ke dalamnya.

4. Pepes

Cara memasak khas Sunda ini punya rasa yang enggak kalah lezat lho dengan gorengan. Lauk yang dilumuri dengan rempah dan bumbu, lalu dibungkus dengan daun pisang, dan kemudian dikukus, membuat lauk terasa sangat lezat. Kamu bisa membuat pepes tahu, ikan, atau jamur sebagai alternatif lauk gorengan.  

5. Panggang

Makanan yang dipanggang mengandung kadar lemak dan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang digoreng, sehingga tidak membuat gemuk. Selain itu, cara memasak ini juga dapat memelihara nutrisi dalam makanan, sehingga dinilai lebih sehat. Jadi, lebih baik memanggang daging-dagingan daripada menggorengnya dengan minyak.

6. Bacem

Jenis masakan khas Jawa Tengah ini biasanya menggunakan tempe atau tahu. Caranya, setelah tahu atau tempe dibaluri dengan bumbu, rempah, dan gula merah, lalu baceman direbus agar bumbunya meresap. Kemudian, kukus baceman sebelum dihidangkan dan jangan digoreng.

7. Semur

Alih-alih menggoreng makanan, kamu bisa membuat semur daging yang lebih sehat. Kamu bisa membuat menu semur dengan menggunakan daging sapi atau ayam, lalu tambahkan telur, tahu, dan sayur-sayuran supaya lebih segar dan sehat.

Nah, itulah caranya memasak tanpa minyak agar lebih sehat (Baca juga: Tips Memasak Makanan Rendah Lemak). Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar diet dan nutrisi makanan, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya