28 August 2018

Cara Mengatasi Amandel pada Orang Dewasa

mengatasi amandel,amandel

Halodoc, Jakarta – Radang amandel atau tonsillitis terjadi umumnya disebabkan virus dan bakteri. Tidak heran jika radang amandel bisa dialami oleh anak-anak atau orang dewasa. Mereka yang mengidap amandel akan mengalami sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, sakit telinga, dan batuk. Gejala ini biasanya akan pulih dalam tiga hingga empat hari.

Walaupun sebagian besar kasus radang amandel atau tonsillitis tidak tergolong serius, tetapi pengidap tetap disarankan untuk menemui dokter jika kamu mengalami gejala yang berlangsung lebih dari empat hari. Apalagi jika tidak terasa tanda-tanda pemulihan atau gejala jadi makin parah dan membuat kamu sama sekali tidak bisa makan atau bahkan kesulitan bernapas.

Orang dewasa yang mengalami amandel kebanyakan langsung takut untuk dioperasi amandel saat dokter sudah menyarankannya. Menurut para dokter, kamu tidak perlu menjalani operasi angkat amandel, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang amandel. Berikut langkah-langkahnya

Baca juga: Sebelum Operasi Amandel, Ketahui 3 Efek Samping Ini! 

 

1. Perbanyak Istirahat Dulu

 

 

Saat amandel meradang, kamu sebaiknya istirahat di rumah. Pasalnya, istirahat bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri. Karena itu, sebaiknya usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan seperti bekerja, sekolah, atau berolahraga sampai kamu sembuh total.

 

2. Makan Makanan yang Lembut

 

 

Ketika mengalami radang amandel, biasanya kamu akan malas makan karena sulit menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkurang, dan mudah ditelan. Makanan seperti bubur, sup, nasi tim, atau kentang tumbuk (mashed potato) bisa jadi pilihan kamu. Makanan gorengan atau pedas sebaiknya dihindari, karena makanan-makanan tersebut bisa membuat amandel dan tenggorokan kamu semakin iritasi.

 

3. Berkumur dengan Air Garam

 

 

Berkumur dengan air garam bisa membantu meredakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan yang disebabkan amandel membengkak. Siapkan satu gelas air hangat dan larutkan kira-kira satu sendok teh garam. Kalau rasanya terlalu kuat untuk kamu, bisa juga dicampur satu sendok makan madu alami. Kumur-kumur larutan garam ini sambil mendongak selama kira-kira 30 detik. Kamu bisa melakukannya sebanyak dua kali sehari ketika tenggorokan terasa sakit.

 

4. Minum Obat Pereda Nyeri

 

 

Jika rasa sakit di tenggorokan sudah tak tertahankan, kamu bisa meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen.

Baca juga: Bisakah Amandel Kambuh Saat Dewasa?

 

5. Banyak Minum Air Putih

 

 

Jaga tenggorokan dan amandel kamu agar tetap lembab. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan kamu banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi. Kamu bisa juga minum air hangat supaya tenggorokan lebih tenang. Namun, air dingin juga masih aman untuk meredakan rasa nyeri. Pilih mana yang paling nyaman untuk tenggorokan.

 

Itulah beberapa cara mengatasi radang amandel untuk orang dewasa. Jika kamu membutuhkan perawatan dengan obat tanpa harus ke rumah sakit, kamu bisa membeli obat melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa melakukan tanya jawab seputar amandel pada dokter di Halodoc jika merasa amandel belum menunjukan gejala penyembuhan. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berdiskusi dengan dokter dengan cara Chat atau Voice/Video Call, kapan saja dan dimana saja.