• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut yang Belum Menetas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut yang Belum Menetas

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut yang Belum Menetas

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 November 2022

“Ada beberapa cara menghilangkan telur kutu rambut yang bisa kamu coba. Bisa dengan wet combing atau menggunakan bahan alami.”

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut yang Belum MenetasCara Menghilangkan Telur Kutu Rambut yang Belum Menetas

Halodoc, Jakarta – Penting untuk tahu cara menghilangkan telur kutu rambut, karena ini bisa sangat mengganggu. Kutu rambut adalah serangga kecil tak bersayap yang hidup di rambut manusia dan memakan darah di kulit kepala. 

Parasit ini bisa berkembang biak dengan cara bertelur dan membuat jumlahnya menjadi sangat banyak. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan telur kutu rambut? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Salah satu cara efektif dan mudah untuk menghilangkan telur kutu rambut yang belum menetas adalah dengan wet combing atau menyisir dalam keadaan basah. Untuk melakukannya, kamu perlu menyiapkan sisir kutu bergigi rapat dan kondisioner rambut. 

Kamu bisa membeli sisir ini dari apotik atau toko yang menjual perlengkapan rambut. Jenis kondisioner apapun bisa kamu gunakan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Oleskan banyak kondisioner pada rambut yang basah. Gosokkan ke kulit kepala dan sepanjang batang rambut.
  2. Biarkan kondisioner selama setidaknya 15 menit. Untuk anak-anak, kamu bisa memakaikan topi mandi di atas kepalanya sambil menunggu. Kondisioner dan tutupnya dapat memerangkap kutu, dan mereka melepaskan cakarnya dari batang rambut atau kulit kepala.
  3. Gunakan sisir kutu untuk menghilangkan kondisioner dari rambut. Masukkan sisir hingga menyentuh kulit kepala dengan lembut lalu sisir dengan kuat dari kulit kepala. Bersihkan sisir di antara sapuan dengan tisu dan/atau air. 
  4. Sisir kepala secara menyeluruh setidaknya dua kali.

Melakukan wet combing berulang kali adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan telur kutu rambut yang belum ataupun yang sudah menetas. Sisir setiap 2-3 hari selama 2 minggu, hingga tidak ada lagi kutu dan telur yang tersisa di seluruh kulit kepala.

Coba Bahan Alami Ini

Menyingkirkan kutu dan telurnya tentu sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Ada obat-obatan yang tersedia untuk menghilangkan kutu. Namun, ini seringkali tidak membantu menghilangkan telur kutu. 

Selama ada telur kutu di rambut, kamu tidak akan bisa menghilangkan kutu. Oleh karena itu, kamu harus menghilangkan telur kutu yang belum menetas sesegera mungkin.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu coba:

1. Minyak Neem

Berbekal bau menyengat dan sifat antibakteri, minyak neem adalah salah satu cara alami untuk menghilangkan telur kutu dari rambut. Baunya yang kuat mengusir kutu, dan beberapa senyawa dalam minyak Mimba mengganggu siklus hidup kutu.

Cara menggunakannya, oleskan minyak pada rambut dan diamkan selama 20-30 menit. Gunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu dan telur, lalu bilas rambut sampai bersih.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah obat rumahan yang populer untuk kulit dan rambut karena sifat antimikrobanya. Aromanya juga kuat, sehingga bisa membantu membunuh kutu. 

Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa tetes ke minyak kelapa atau almond. Oleskan campuran minyak ke kulit kepala, dari akar ke ujung dan pijat kulit kepala selama beberapa menit. Tutupi rambut dengan topi mandi dan biarkan selama satu jam.

Lalu, sisir rambut untuk menghilangkan kutu, lalu cuci rambut seperti biasa. Gunakan sisir kutu pada rambut basah untuk mengurangi telur kutu. Gunakan ramuan ini seminggu sekali untuk memberantas kutu dan telur kutu dari rambut.

3. Jus Bawang

Sifat antibakteri dan antijamur bawang merah bisa menjadi cara menghilangkan telur kutu dari rambut. Selain itu, ini juga bisa menutrisi rambut dan juga membantu pertumbuhannya.

Cara menggunakannya, haluskan bawang merah dengan sedikit air. Lalu oleskan jus pada kulit kepala secara merata dan biarkan selama sekitar 3 sampai 4 jam.

Dengan menggunakan sisir nit, singkirkan kutu dan telur yang mati dan bilas rambut secara menyeluruh dengan sampo. Ulangi ini setiap 3-4 hari untuk hasil terbaik.

Itulah cara menghilangkan telur kutu rambut yang belum menetas. Jika kamu membutuhkan saran perawatan rambut dan kulit kepala dari ahlinya, download Halodoc saja untuk berbicara pada dokter kulit  melalui chat.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2022. Head Lice and Nits.
Raising Children. Diakses pada 2022. Head Lice.
Be Beautiful. Diakses pada 2022. Here’s How To Remove Lice Eggs From Hair Using Home Remedies!