18 May 2018

Cara Menjadi Pendamping Terbaik ketika Pasangan Sakit

Cara Menjadi Pendamping Terbaik ketika Pasangan Sakit

Halodoc, Jakarta – Di dunia ini memang tidak ada sosok yang sempurna. Namun, kamu bisa menjadi sosok yang terbaik untuk pasangan, apalagi ketika pasangan kamu sedang sakit. Ketika pasangan sakit, perhatian menjadi salah satu hal yang penting untuk kamu berikan kepada pasangan. Jika kita bisa menjadi pendamping yang baik ketika pasangan sakit, tentu pasangan akan bangga dan tidak akan menambah beban pikiran selama dia sakit. Jika kamu benar-benar memberikan yang terbaik untuk pasangan, pastinya hubungan kalian juga akan berjalan dengan baik.

 

  • Jaga Komunikasi Dengan Baik

 

Menjalin komunikasi adalah salah satu hal yang cukup penting dalam menjalani sebuah hubungan. Komunikasi yang baik memungkinkan kamu dan pasangan akan terhindar dari salah paham. Tidak ada salahnya untuk bertanya pada pasangan apa yang sedang dirasakannya agar kamu juga bisa merasakan sedikit yang dia rasakan.

Untuk membina komunikasi yang baik dalam suatu hubungan, sebaiknya kamu memosisikan diri sebagai teman. Sehingga kamu bisa menjadi pendengar yang baik dan juga pemberi masukan yang menenangkan. Kamu harus bisa menjadi seorang teman bagi pasanganmu, agar pasanganmu bisa bebas bercerita dan mengutarakan semua yang ada di pikirannya. Dengan begitu, pasangan kamu akan merasa lebih dihargai. Dengan komunikasi yang baik, kamu bisa menjadi pendamping yang baik saat pasangan sedang sakit.

 

  • Kurangi Drama

 

Masalah atau konflik dalam suatu hubungan adalah masalah yang lumrah. Di sini kamu hanya perlu untuk mengurangi drama, konflik, atau masalah yang terjadi pada hubunganmu dengan pasangan. Cobalah untuk lebih bersabar dan mengerti kondisi pasangan, terutama ketika pasangan sedang sakit.

Jika seseorang sakit, suasana hati orang akan berganti dengan mudah. Selain itu, jangan saling menyalahkan. Sebab, dengan saling menyalahkan tentu persoalan akan semakin rumit dan pertengkaran semakin tidak bisa dihentikan. Sebab, pertengkaran bisa berdampak negatif untuk kondisi pasangan jika sedang sakit. Jika kamu merasa marah atau kecewa dengan pasangan saat itu, sebaiknya kamu diam dan tenangkan diri terlebih dahulu. Karena amarah atau kecewa tentu tidak akan dapat menyelesaikan suatu masalah.

 

  • Dampingi saat Menjalani Pengobatan

 

Saat pasangan sakit, tentu ada kemungkinan pasangan akan menjalani serangkaian pengobatan untuk memulihkan kondisinya. Bantu dan dampingi setiap proses pengobatan yang dijalani oleh pasangan. Berikan dukungan mental agar pasangan selalu semangat dan selalu berpikir jernih. Jangan biarkan pikiran negatif memenuhi pikiran pasangan kamu yang sedang sakit, karena dikhawatirkan dapat memperburuk keadaan.

Selain itu, pasangan kamu juga tidak akan merasa sendirian melewati sebuah fase yang mungkin cukup berat dalam hidupnya. Misalnya saat pasangan muntah-muntah, cari informasi melalui dokter, internet, atau apa saja yang bisa mengurangi muntah pada pasangan yang sedang sakit. Dengan begitu, pasangan akan bahagia dan bisa sedikit mengurangi rasa sakitnya.

 

  • Selalu Berpikiran Positif dan Menenangkan

 

Dalam kondisi sakit, seseorang tidak akan merasa nyaman. Tidak ada salahnya memberikan sebuah pelukan hangat sebagai tanda setia dan dukungan untuk pasangan. Saat pasangan sedang beradaptasi dengan dirinya, cobalah untuk tidak panik dan tetap tenang, agar pasangan yang sakit tetap semangat untuk bisa sembuh dari penyakitnya. Tetaplah bersabar dan coba rasakan perasaannya tanpa terpengaruh emosi negatif dari pasangan yang sedang sakit. Ya, pasangan yang menenangkan pastinya akan memberikan kehangatan dan ketenangan bagi pasangan yang sedang sakit.

(Baca juga: 4 Cara Bertengkar Sehat Bersama Pasangan)

Menjadi pendamping terbaik ketika pasangan sakit memang bukanlah hal yang mudah. Kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc, untuk bertanya seputar penyakit pasanganmu dan penanggulangannya sejak dini. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.