10 January 2018

Cara Tepat Pilih Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Tepat Pilih Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus

Halodoc, Jakarta – Ada kebahagiaan sendiri yang dirasakan orangtua saat merawat buah hatinya. Meski demikian merawat anak membutuhkan kesabaran serta orangtua pun mesti memiliki keterampilan agar bisa mendidik buahnya dengan baik. Bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, tentu saja ada tantangan tersendiri. Ini karena orangtua harus memberikan perhatian ekstra pada buah hatinya.

Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak lainnya. Ada perbedaan secara fisik dan psikis, seperti emosi yang dimiliki anak serta ketidakmampuan mental. Yang termasuk dalam kategori anak berkebutuhan khusus adalah tunanetra, tunadaksa, tunarungu, tunalaras, kesulitan dalam belajar, gangguan perilaku dan juga anak berbakat.

Untuk membimbing anak berkebutuhan khusus, tidak cukup hanya orangtua saja. Namun juga perlu bantuan orang sekitar seperti keluarga terdekat dan juga guru. Untuk itu, sangat penting untuk memilih jenis sekolah yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat orangtua memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus adalah:

Jarak & Lokasi Sekolah

Petimbangkan lokasi sekolah yang dekat dengan rumah. Jika anak harus menempuh jarak yang terlalu jauh maka bisa membuatnya kelelahan. Apalagi bagi anak yang mengidap autis, maka ia bisa mengalami kelelahan dan juga stres akibat naiknya risiko tantrum pada anak. Selain itu, anak juga bisa mengalami gangguan perilaku karena merasa terganggu akibat kelelahan.

Fasilitas Sekolah

Mempertimbangkan fasilitas yang dimiliki sekolah sangat penting saat memilih sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Perlu diingat bahwa anak berkebutuhan khusus memerlukan ruangan yang sesuai dengan karakter mereka. Sehingga fasilitas yang dimiliki sekolah sangatlah penting.

Program Belajar

Bagi anak berkebutuhan khusus, program belajar sangatlah penting. Ini karena masing-masing anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lain sesuai dengan karakternya. Jadi coba tanyakan pada sekolah program belajar seperti apa yang bisa diberikan untuk anak. Tentu saja dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar anak setiap harinya.

Bantuan dari Orang Sekitar

Untuk membantu perkembangan anak, sangat penting bagi orangtua untuk meminta saran dari dokter anak, ahli psikologi anak, dan guru di sekolah. Jadi beritahukan pada pihak sekolah untuk memahami karakter anak sehingga dapat membantu anak dalam pendidikannya di sekolah. Misalnya, soal pendidikan, kesehatan, serta apa yang dilakukan anak di sekolah.

Yang terpenting dalam mendidik anak berkebutuhan khusus adalah memberikan perhatian kepada anak. Selain itu, berikan pengertian kepada orang sekitar mengenai kondisi anak. Sehingga orang di sekitar bisa ikut membantu menjaga anak serta mengawasi anak saat orangtua tidak sedang mendampingi anak. Selain itu, karakter anak berkebutuhan khusus yang berbeda dengan anak lain pada umumnya akan membuatnya sulit mendapatkan teman. Sehingga, orang tua perlu membantu anak untuk mengembangkan pribadinya sehingga ia dapat beradaptasi dan bersosialiasi dengan baik.

 

Berikan perhatian kepada anak dengan juga selalu menjaga kesehatannya. Jika ibu sedang sibuk dan tidak sempat ke rumah sakit, coba gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter. Dengan Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan saran dokter jika diperlukan. Jika butuh obat, vitamin, atau suplemen, ibu juga bisa membelinya di Halodoc, lho. Pesanan akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.