30 May 2018

Cari Tahu 7 Gejala Anemia yang Perlu Dihindari

Cari Tahu 7 Gejala Anemia yang Perlu Dihindari

Halodoc, Jakarta - Kamu sering sering merasa mudah lelah, letih, dan lesu? Bisa jadi itu karena kamu mengidap anemia. Ini adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya tubuh merasa mudah lelah saat beraktivitas. Beberapa gejala anemia yang perlu kamu ketahui:

  1. Tubuh terasa mudah lelah, letih, dan lesu saat beraktivitas.
  2. Warna kulit terlihat pucat atau kekuningan.
  3. Nyeri kepala, pusing, atau pandangan berkunang-kunang.
  4. Detak jantung kadang ditemukan tidak beraturan, kadang disertai dengan nyeri dada dan sesak napas.
  5. Tangan dan kaki kadang terasa kram dan dingin.
  6. Merasa sulit berkonsentrasi dikarenakan kekurangan oksigen ke otak.
  7. Sulit tidur atau insomnia.

Salah satu jenis anemia adalah anemia kekurangan zat besi, padahal zat besi sangat dibutuhkan sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah. Anemia jenis ini sering dialami oleh ibu hamil yang tidak minum suplemen zat besi, orang dengan penyakit kronis, dan bayi ASI eksklusif. Diagnosis anemia dapat diketahui dengan pemeriksaan darah lengkap dan pemeriksaan tambahan lain yang dianjurkan oleh dokter. Meksi begitu, dengan mengetahui gejala anemia kamu bisa jadi lebih aware dan lebih cepat mengambil tindakan untuk pemeriksaan.

Bagaimana mencegah anemia karena kekurangan zat besi?

  1. Selain menyadari gejala anemia, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi terutama pada ibu hamil dan wanita saat menstruasi. Perbanyak juga makanan kaya zat besi seperti hati, daging merah, dan sayuran hijau seperti bayam.
  2. Konsumsi vitamin C jika sedang mengonsumsi suplemen zat besi. Hal ini akan meningkatkan penyerapan zat besi pada usus.
  3. Hindari mengonsumsi makanan tinggi kalsium bersamaan dengan konsumsi suplemen atau makanan kaya zat besi karena dapat menghambat penyerapan zat besi pada usus.
  4. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi zat besi untuk menghindari efek samping yang tidak perlu.

Nah, kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai gejala anemia, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!