21 March 2018

Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya pertumbuhan jerawat terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Tak hanya itu, gaya hidup yang kurang sehat pun berpengaruh, seperti stres dan kurang tidur. Jadi, untuk menghindari jerawat semakin menjadi, salah satu kunci untuk menanganinya adalah tetap tenang.

Jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah memang menyebalkan. Pasalnya hal ini mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Kalau sudah begini, biasanya seseorang akan memilih untuk menggunakan berbagai produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat. Namun, tahukah kamu ternyata ada cara alami yang bisa diterapkan untuk mencegah jerawat?

Salah satu cara alami untuk membantu menekan pertumbuhan jerawat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat “anti” jerawat. Ada beberapa jenis makanan yang masuk ke dalam kategori ini. Apa saja?

  1. Sayuran

Salah satu zat gizi yang dibutuhkan untuk mencegah jerawat adalah vitamin A, dan biasanya kandungan ini banyak ditemukan di sayuran. Vitamin A dibutuhkan untuk membantu meregenerasi sel kulit. Kandungan ini juga ada pada minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli.

Sementara jenis sayuran yang direkomendasikan adalah sayuran yang banyak mengandung air, seperti mentimun. Kandungan air pada sayur bermanfaat untuk mengeluarkan penyumbatan pada pori-pori dan menjadi detoks.

  1. Tiram

Nutrisi lain yang dibutuhkan untuk mencegah jerawat adalah Zinc. Kandungan ini dapat membantu mencegah jerawat dengan cara mengurangi potensi pertumbuhan P. acnes. Sayangnya, jumlah kadar zinc yang kurang bisa memicu tumbuhnya jerawat lebih cepat, hal inilah yang banyak ditemukan pada orang-orang yang berjerawat.

Salah satu makanan sumber zinc adalah tiram. Kandungan zinc dalam tiram dapat membantu dan mengatur mengatur pelepasan hormon testosterone yang menjadi pemicu jerawat. Mengonsumsi zinc juga dapat mempercepat proses penyerapan vitamin A, sehingga manfaatnya akan didapat secara utuh.

  1. Yogurt

Kandungan yang ada pada yogurt disebut mampu mencegah perkembangan bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat. Hal ini membuat kudapan ini masuk ke dalam menu makan harian. Yogurt juga baik dikonsumsi bersama beberapa jenis buah untuk mendapat hasil maksimal, seperti pisang, strawberry bahkan madu.

Kamu juga bisa memilih untuk mengonsumsi beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Keduanya dibutuhkan untuk merawat kesehatan kulit sehingga peluang jerawat untuk tumbuh pun semakin kecil. Cobalah untuk mengonsumsi buah jeruk, lemon, pepaya dan tomat untuk mendapat vitamin C. Sementara vitamin E bisa didapat dari kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli dan sayuran hijau.

  1. Ikan

Mengonsumsi ikan ternyata juga bisa membantu mencegah pertumbuhan jerawat di kulit. Hal ini berkat kandungan selium dan omega 3 yang ada pada makanan yang berasal dari laut tersebut. Selenium berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Sementara omega 3 dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Perbanyak konsumsi ikan salmon, ikan sardin, dan kenari sebagai makanan sehat anti jerawat.

Meski makanan sehat bisa membantu mencegah jerawat, tetap penting untuk melakukan beberapa hal yang bisa membantu menjaga kulit tetap sehat. Seperti rutin mencuci muka, menghindari stres dan berolahraga. Lengkapi pula asupan vitamin dan omega 3 selain dari makanan, bisa dari produk kesehatan. Lebih mudah membeli vitamin dan produk kesehatan lain lewat aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!