30 May 2018

Cegah Serangan Penyakit Jantung dengan Kebiasaan Ini

Cegah Serangan Penyakit Jantung dengan Kebiasaan Ini

Halodoc, Jakarta – Meskipun berisiko mengalami penyakit jantung turunan, kamu bisa melakukan pencegahan. Perubahan gaya hidup dapat memberikan dampak yang besar. Apalagi pada orang berusia di bawah 75 tahun, seperempat kematian akibat serangan jantung bisa dicegah dengan kebiasaan ini.

  1. Bergerak

Tidak ada yang bisa membantah bahwa olahraga dapat memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, membakar kalori, serta memperbaiki kadar gula darah dan kadar kolesterol. Kamu bisa melakukan olahraga sederhana seperti berjalan cepat selama 30 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu. Kebiasaan ini akan menurunkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke.

  1. Pilih Lemak yang Baik untuk Jantung

Jenis lemak dalam makanan mempengaruhi kolesterol dalam aliran darah. Kurangi konsumsi makanan ringan olahan, makanan manis, gorengan, susu dan keju, lemak padat seperti mentega, dan daging merah berlemak. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk jantung. Pilihlah lemak tak jenuh dari tumbuhan, seperti minyak sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Perbanyak Konsumsi Whole Grain, Buah, dan Sayuran

Whole grains atau gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran adalah makanan yang banyak mengandung serat serta rendah kalori. Kombinasi ketiganya sangat ideal untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

  1. Pertahankan Berat Badan Ideal

Berat badan ideal akan mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Berat badan ideal bisa diperoleh dengan menjalankan gaya hidup sehat, mengurangi kalori, serta berolahraga secara teratur.

  1. Berhenti Merokok

Merokok meningkatkan risiko terkena serangan jantung sampai 2-4 kali lipat. Memang, berhenti dari kebiasaan merokok tidaklah mudah. Kamu bisa melakukan konseling secara individu, kelompok, maupun melalui telepon, atau terapi untuk membantumu berhenti merokok. Para dokter ahli di aplikasi Halodoc selalu bersedia membantu kamu memecahkan masalah ini. Kamu bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat.

  1. Cek Kondisi

Memeriksa kesehatan secara rutin bisa membantu mengetahui kondisi kesehatan dan mencegah kamu dari risiko serangan penyakit jantung, lho.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang penyakit jantung turunan, yuk download  aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Selain bisa berkomunikasi dengan para dokter ahli, kamu juga bisa beli obat atau pun vitamin. Cek lab pun bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah, lho. Mudah dan praktis bukan?