19 June 2018

Cek Kondisi Wajah untuk Ketahui Penyakit

mengecek kondisi wajah, kondisi wajah tanda penyakit

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik bisa jadi adalah impian semua orang. Sebab kondisi wajah memang sering menjadi tolak ukur penampilan seseorang. Namun tahukah kamu bahwa ada hal lain yang bisa dilihat dari kondisi wajah?

Salah satu hal yang bisa dicek lewat kondisi wajah adalah risiko penyakit yang mungkin dialami seseorang. Lantas apa saja tanda penyakit yang sering ditunjukkan tubuh lewat kondisi wajah?

(Baca juga: Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan)

       1. Bintik Hitam di Kulit

Memang ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya bintik hitam di kulit. Namun, kondisi ini ternyata juga bisa menjadi tanda penyakit. Munculnya bintik-bintik hitam di dahi dan pipi bisa menjadi tanda terlalu banyak konsumsi gluten.

Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki masalah intoleransi makanan tertentu. jika bintik yang muncul berwarna merah namun memiliki bercak gelap. Kondisi lain yang bisa ditunjukkan wajah adalah terlalu banyak mengonsumsi susu. Akibatnya, kamu mungkin akan mengalami pembengkakan di bawah kelopak mata serta warna gelap pada bagian bawah mata.

        2. Merah di Ujung Hidung

Munculnya tanda merah seperti bercak di ujung hidung dipercaya merupakan tanda bahwa seseorang tengah mengalami stres tingkat tinggi. Hal ini juga sering dikaitkan dengan rasa cemas, dan kecenderungan memiliki tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Jika sering menemukan bintik merah di ujung hidung, segera periksa tekanan darah. Jika meningkat, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa memicu stres dan menyebabkan tekanan darah semakin melonjak.

         3. Muncul Bulu Halus

 

 

Tumbuh jenggot dan kumis pada pria adalah hal yang wajar. Tapi berbeda jika hal tersebut dialami wanita. Munculnya bulu halus di wajah seorang wanita bisa menjadi tanda adanya kelebihan hormon tertentu dalam tubuh.

Kondisi ini disebut hirsutisme, yaitu terjadinya kelebihan hormon seks pria androgen dalam tubuh seorang wanita. Sebenarnya, kondisi ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun pada beberapa kasus, tumbuhnya bulu halus di wajah wanita bisa menjadi tanda sindrom ovarium polikistik (PCOS).

(Baca juga: Benarkah Cewek Berkumis Sering Dibilang Punya Napsu Besar, Ini Faktanya!)

         4. Bibir Pecah-Pecah

 

 

Bibir pecah-pecah sering dikaitkan dengan panas dalam atau sariawan. Namun terkadang ada penyakit lain di balik tanda tersebut. Bibir yang terasa kering dan mudah pecah-pecah bisa menjadi tanda kamu kekurangan cairan alias dehidrasi, bahkan kurang gizi. Selain itu, bibir pecah—pecah juga bisa menandakan penyakit seperti herpes oral, dan sindrom iritasi usus (IBS).

          5. Kulit Pucat

Wajah yang terlihat pucat memang sering menjadi rujukan sehat atau tidaknya seseorang. Sebab penampilan kulit wajah yang pucat diyakini sebagai tanda bahwa orang tersebut sedang tidak fit.

Namun lebih dari itu, wajah pucat ternyata juga bisa menjadi tanda kekurangan darah merah alias anemia defisiensi zat besi atau defisiensi folat. Selain wajah yang terlihat lebih pucat, anemia juga disertai dengan gejala lemas, pusing, dan mudah lelah. Jika ini yang terjadi, kamu perlu meningkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau gelap, tomat, kacang, daging, dan telur untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

(Baca juga: Mudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu Diatasi)

Jika kondisi dirasa semakin parah, jangan menunda untuk mendapatkan pertolongan medis. Atau sampaikan keluhan awal pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui fitur Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download

sekarang di App Store dan Google Play!