29 June 2018

Dampak Hubungan Intim Sebelum & Sesudah Menikah Terhadap Kesehatan

dampak hubungan intim terhadap kesehatan, hubungan intim sehat, hubungan yang sehat

Halodoc, Jakarta – Hubungan intim ialah suatu aktivitas yang sesungguhnya dapat memberikan kesehatan untuk tubuh dan juga pikiran. Ya, hubungan intim yang baik akan membuat kualitas hidup manusia menjadi lebih baik. Namun, hal tersebut berlaku jika yang melakukannya memang sudah menikah.

Bagi sebagian orang, melakukan hubungan intim sebelum menikah memang sah-sah saja. Namun, kamu perlu mengetahui dampak hubungan intim yang dilakukan baik sebelum maupun sesudah menikah untuk kesehatan kamu.

Baca juga: 5 Gerakan Olahraga yang Dapat Memperbaiki Kualitas Hubungan Intim)

Dampak Hubungan Intim Sebelum Menikah

Hubungan intim yang dilakukan sebelum menikah sepertinya sudah menjadi hal yang biasa bagi beberapa orang. Namun, dalam budaya Timur seperti di Indonesia, hubungan intim sebelum menikah sebaiknya dihindari karena akan menimbulkan beberapa dampak untuk kesehatan kamu.

 

  • Memberikan Dampak Emosional pada Diri Seseorang

 

Dalam agama, melakukan hubungan intim sebelum menikah adalah suatu perbuatan dosa. Hal ini akan membuat seseorang merasakan emosional yang cukup besar, bisa berupa cemas, stres, atau bahkan yang paling parah adalah depresi. Memiliki tingkat stres yang cukup tinggi atau depresi tentu akan mengganggu pola kesehatan kamu.

 

  • Tertular Penyakit Kelamin

 

Salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan belum bisa disembuhkan adalah HIV. HIV bisa terjadi karena berhubungan intim dengan lebih dari satu orang dan dilakukan secara terus-menerus. Dengan kata lain, hindarilah pergaulan bebas supaya dapat terhindar dari penularan penyakit menular seksual.

 

  • Pasangan Akan Kehilangan Gairah Seksual

 

Aktivitas yang terlalu sering dilakukan tidak hanya akan merusak keintiman antara kamu dan pasangan, tetapi juga bisa menggagalkan ke tahap yang lebih jauh lagi. Jika kamu dan pasangan berhasil memasuki jenjang selanjutnya, kemungkinan pasangan kamu atau bahkan kamu sendiri akan kehilangan gairah seksual. Nyatanya, hal tersebut bisa mengganggu kehidupan pernikahan kamu ke depannya.

Dampak Hubungan Intim Setelah Menikah

Hubungan intim setelah menikah nyatanya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis saja, banyak manfaat melakukan hubungan intim untuk kesehatan yang baik jika dilakukan setelah menikah.

 

  • Hubungan Intim Bisa Dijadikan Salah Satu Olahraga Favorit

 

Hubungan intim adalah salah satu olahraga yang cukup menyenangkan. Berhubungan intim membuat tubuh membakar 4 kalori per menitnya. Selain itu, jika kamu rajin melakukan hubungan intim dengan pasangan, kamu bisa membuat seluruh bagian otot tubuhmu menjadi kencang. Karena saat berhubungan intim, semua otot ikut bergerak.

 

  • Jantung Lebih Sehat

 

Jika kamu mengalami orgasme, denyut jantung akan berdetak setara dengan jantung kamu saat melakukan olahraga ringan. Berhubungan intim setidaknya seminggu dua kali dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 50 persen jika dibandingkan dengan yang melakukan hubungan intim selama satu bulan sekali.

 

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

 

Kuatnya sistem kekebalan tubuh kamu bergantung pada seberapa sering kamu melakukan hubungan seksual dengan pasangan kamu. Tingkat immunoglubolin pada orang yang melakukan hubungan seksual sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu ternyata lebih tinggi 30 persen dibandingkan orang yang tidak melakukan hubungan intim secara rutin.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan

Sebaiknya melakukan hubungan intim pada waktu dan pasangan yang tepat. Jika kamu memiliki keluhan mengenai kesehatan organ intim kamu, kamu bisa tanya pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!