Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Junk Food saat Hamil

junk food,ibu hamil,konsumsi junk food saat hamil

Halodoc, Jakarta – Untuk urusan makanan, ibu hamil dianjurkan selalu mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu maupun perkembangan janin dalam kandungan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jika ibu hamil mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi berisiko memiliki anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Salah satu makanan yang harus dihindari adalah junk food. Selain bisa membuat berat badan anak berlebih, ibu hamil yang mengonsumsi junk food juga dikhawatirkan dapat menurunkan tingkat intelegensi anak kedepannya.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

Sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi junk food. Selain kadar gizi dan nutrisinya sangat rendah, junk food juga mengandung lemak, garam, dan gula yang cukup tinggi untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, orang yang tidak sedang hamil pun sebenarnya dilarang untuk mengonsumsi junk food dalam jumlah yang banyak.

Berikut adalah beberapa dampak jika ibu hamil terlalu sering mengonsumsi junk food:

  • Meningkatkan Risiko Alergi

Junk food memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Tentu ini tidak dianjurkan untuk kesehatan ibu hamil, maupun kesehatan janin dalam kandungan. Wanita yang terlalu banyak mengonsumsi gula dalam bentuk olahan apapun pada masa kehamilan dikhawatirkan akan meningkatkan risiko alergi atau asma.

  • Berat Badan Ibu Bertambah Secara Drastis

Ketika ibu hamil mengonsumsi junk food secara berlebihan, makanan ini akan menumpuk di dalam tubuh dan menjadi lemak. Setiap kehamilan pasti membuat ibu bertambah berat badannya. Namun perlu diperhatikan, kenaikan berat badan yang terlalu drastis juga dinilai kurang baik, karena bisa membuat ibu hamil kesulitan mengatur dirinya selama masa kehamilan.

  • Memicu Penyakit Jantung Koroner

Banyak sekali bahaya yang didapatkan ketika ibu hamil terlalu sering mengonsumsi junk food. Salah satunya ialah penyakit jantung koroner yang dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil, maka akan dirasakan juga oleh janin dalam kandungan. Sebaiknya perhatikan asupan makanan dan pola makan agar kebutuhan nutrisi janin tercukupi dengan baik.

  • Bayi Kekurangan Nutrisi dan Vitamin

Tumbuh kembang anak nyatanya sudah dimulai sejak dalam kandungan. Sehingga, ibu hamil harus memastikan kebutuhan nutrisi dan vitamin janin dalam kandungan sudah terpenuhi dengan baik. Jika ibu mengonsumsi junk food secara berlebihan, dikhawatirkan janin akan kekurangan nutrisi atau pun vitamin dalam pertumbuhannya di dalam rahim, sehingga pertumbuhannya menjadi kurang baik.

  • Makanan yang Ibu Hamil Konsumsi Menentukan Makanan Favorit Anak

Sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi junk food selama hamil. Pada masa kehamilan, apapun yang ibu makan akan dirasakan juga oleh janin dalam rahim. Sebaiknya ibu lebih banyak mengonsumsi sayuran dan makanan yang bernutrisi agar setelah anak lahir, anak akan lebih menyukai makan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Baca juga: Ingin Ibu & Bayi Sehat? Ini 6 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Banyak hal yang harus diperhatikan ibu hamil pada masa kehamilan, mengonsumsi makanan yang sehat memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Jika ibu memiliki keluhan mengenai kondisi janin dan nutrisi untuk tumbuh kembang janin, ibu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga!