16 January 2018

Dapatkan 5 Hal Ini Jika Berhenti Merokok

Dapatkan 5 Hal Ini Jika Berhenti Merokok

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak mengetahui jika rokok hanya merugikan siapapun yang menghirup asapnya dan berdampak negatif bagi kesehatan seperti penyakit kanker, jantung, stroke, keguguran pada ibu hamil dan lain sebagainya. Lalu mengapa rokok masih saja banyak pembelinya? Pada dasarnya rokok memiliki kandungan nikotin, yaitu zat adiktif yang dapat membuat si perokok menjadi ketergantungan.

Nikotin memengaruhi keseimbangan kimia pada otak, khususnya dopamine dan norepinephrine, cairan kimia otak yang mengendalikan rasa bahagia dan rileks. Ketika efek si nikotin ini bekerja, maka mood dan konsentrasi pada seseorang akan berubah dan terasa nikmat serta menyenangkan.

Tapi ketahuilah jika perasaan menyenangkan yang didapat dari merokok sama sekali tidak memiliki keuntungan. Malah jika perokok dapat berhenti merokok, maka ia bisa mendapatkan banyak manfaat dan mempunyai masa depan yang lebih cerah. Berikut manfaat berhenti merokok yang bisa didapatkan:

  • Terlihat Muda

Manfaat berhenti merokok yaitu membuat seseorang menjadi tempat terlihat lebih muda. Hal ini dikarenakan rokok yang bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit sehingga dapat membuat kamu terlihat lebih tua dengan munculnya keriput.

 

  • Meningkatkan Kesuburan

Manfaat bagi tubuh saat berhenti merokok yaitu bisa meningkatkan kesuburan dan memiliki kesempatan untuk memiliki anak lebih tinggi. Lapisan rahim dan kualitas sperma akan membaik setelah seseorang berhenti merokok.

 

  • Meningkatkan Kualitas Hubungan Intim

Berhenti merokok dapat meningkatkan alirah darah pada tubuh dan otomatis juga dapat meningkatkan sensitivitas. Jika para pria dapat berhenti merokok, maka pria tersebut bisa mendapatkan ereksi yang lebih baik dan untuk wanita juga dapat meningkatkan rangsangan sehingga dapat mencapai klimaks yang lebih mudah.

 

  • Senyuman Terlihat Lebih Menawan

Rokok dapat menyebabkan gigi pada seseorang menjadi berwarna kuning dan bernoda. Manfaat berhenti merokok yang bisa didapatkan yaitu gigi akan terlihat lebih putih dan aroma napas bisa menjadi lebih segar.

 

  • Mengurangi Stres

Merokok memang bisa membuat seseorang menjadi rileks, tapi sebenarnya itu hanyalah efek sementara saja karena kandungan nikotin yang ada di dalamnya justru dapat meningkatkan stres. Dengan berhenti merokok, seseorang bisa menurunkan tingkat stres yang dimilikinya dibandingkan dengan saat mereka masih merokok.

Tips Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu sudah bertahun-tahun memiliki kebiasaan tersebut. Namun kamu bisa saja berhenti total untuk merokok jika memiliki tekad yang kuat dan cara yang benar. Berikut beberapa tips agar kamu bisa terbebas dari rokok:

  • Ingatlah dan yakinkan pada diri jika dengan berhenti merokok, kamu bisa memiliki berbagai manfaat kesehatan dan juga dapat menghemat uang.
  • Hindari segala pemicu untuk merokok seperti berkumpul bersama dengan teman-teman yang perokok. Hindari pula tempat-tempat yang dipenuhi oleh perokok.
  • Rajinlah untuk berolahraga agar mengalihkan fokus dan kegiatan kamu terhadap rokok. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu seperti lari keliling komplek rumah, sit up, push up, atau mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan.
  • Diskusikan keinginan kamu untuk berhenti merokok kepada dokter dengan mengikuti terapi pengganti nikotin (NRT). Kamu juga bisa mengganti rokok dengan permen karet yang juga mengandung nikotin.

Itulah manfaat berhenti merokok serta cara untuk bisa berhenti dari kebiasaan merokok yang sangat merugikan kesehatan tubuh kamu. Dapatkan juga cara untuk berhenti merokok dari berbagai dokter ahli terpercaya di Halodoc baik melalui Chat, Video Call atau Voice Call. Konsumsilah vitamin atau suplemen yang dapat mendukung kesehatanmu dengan membelinya melalui smartphone melalui layanan Pharmacy Delivery yang hanya sampai 1 jam. Download terlebih dahulu aplikasinya di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: Kenali 7 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh