23 August 2018

Enggak Sengaja Tertusuk Bulu Babi, Ini yang Harus Dilakukan

tertusuk bulu babi,bulu babi,bahaya bulu babi

Halodoc, Jakarta - Sebagai negara dengan garis pantai yang cukup panjang, Indonesia adalah negara yang punya ribuan pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Oleh karena itu, daerah seperti Bali, Lombok, atau Kepulauan Seribu merupakan wilayah yang selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong. Kegiatan seperti snorkeling atau sekadar bersantai di pinggir pantai adalah pilihan yang tepat.

Meskipun begitu, berwisata ke pantai bukan berarti terbebas dari bahaya. Salah satu hal yang dapat terjadi adalah tertusuk bulu babi. Hewan kecil satu ini memang pada dasarnya tidak akan menyerang, tetapi kerap kali para wisatawan yang sudah sangat antusias dengan keindahan pantai tidak sengaja menginjaknya.

Apabila tertusuk hewan ini, sensasi sakitnya memang tidak langsung terasa. Namun, reaksinya lama-kelamaan akan muncul. Biasanya, bentol-bentol kemerahan akan muncul di area tubuh yang tertusuk.

Baca juga: 4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

Apabila kamu tertusuk bulu babi, kamu harus segera melakukan penanganan yang tepat. Sebab, lambat laun kamu akan merasakan gatal-gatal, pegal, perih, dan nyeri di sekujur tubuh. Bila tidak segera ditangani pun, kamu akan merasakan rasa gatal yang berkepanjangan, bahkan bisa lebih dari seminggu.

Nah, apabila kamu atau orang terdekat tidak sengaja tertusuk bulu babi saat berlibur di laut atau pantai, ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Segera Menjauh dari Lokasi

Apabila tidak sengaja tertusuk bulu babi, langkah awal yang harus dilakukan adalah menjauh dari lokasi kamu tertusuk lagi. Sebab, dikhawatirkan wilayah tersebut masih ada bulu babi lain dan kamu harus segera menghindarinya agar tidak tertusuk lagi.

  1. Jangan Panik

Langkah kedua adalah dengan berusaha untuk tidak panik. Setelah itu, segera menuju daratan atau naik ke kapal untuk mendapatkan pertolongan.

  1. Cabut Sisa Duri dan Pukul-Pukul dengan Benda Tumpul

Apabila duri bulu babi masih tersisa, kamu harus segera mencabutnya dari kaki. Cabutlah perlahan dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Kamu dapat menggunakan pinset untuk mencabut bulu babi tersebut.

Setelah tercabut semua, segera pukul-pukul area yang tertusuk tersebut dengan benda tumpul seperti sandal. Hal ini bertujuan untuk menghancurkan duri yang masih menempel di kaki.

  1. Siramkan Air Seni Sendiri ke Area yang Tertusuk

Meski agar jorok, tetapi ini adalah cara paling ampuh saat tertusuk bulu babi. Hal ini dilakukan karena air seni mengandung asam amoniak yang memiliki fungsi untuk menguraikan racun yang masih tertinggal di dalam kaki. Cara ini pun biasanya dipilih karena area wisata umumnya jauh dari rumah sakit atau klinik.

  1. Berikan Cairan Antiseptik

Menyiramkan air seni ke area luka yang tertusuk bulu babi sebetulnya sudah cukup untuk mengatasinya. Namun jika kamu memiliki cairan antiseptik di tas, segeralah oleskan cairan tersebut ke lukamu. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi.

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak terduga selama pergi liburan, pastikan agar semua persiapanmu pas. Catat semua yang perlu dibawa dan pastinya jaga kebugaran serta kondisi kesehatanmu.

Baca juga: Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

Nah, kalau kamu ada keluhan dan perlu saran dokter, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc. Bicara dengan dokter menggunakan fasilitas Video/Voice Call dan Chat. Membeli produk kesehatan pun semakin mudah menggunakan Halodoc. Pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam, lho. Yuk, download Halodoc sekarang di Google Play dan App Store!