18 May 2018

Fakta Tentang Emfisema yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Tentang Emfisema yang Perlu Kamu Ketahui

Halodoc, Jakarta – Memahami gejala emfisema, perawatan emfisema, statistik emfisema, dan mengetahui semua fakta yang perlu kamu ketahui tentang emfisema sangat diperlukan. Bagi kamu yang hidup dengan penyakit paru-paru kronis seperti emfisema ini, memiliki semua fakta penting tentangnya akan membantu kamu bersikap proaktif dalam perawatan kesehatan. Inilah beberapa fakta tentang emfisema yang perlu kamu ketahui.

Emfisema, bersama dengan bronkitis kronis, adalah salah satu penyakit paru obstruktif utama yang termasuk dalam kategori Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Emfisema secara bertahap menghancurkan kantung udara (alveoli) di paru-paru, sehingga membuat pengidapnya sulit bernapas. Pada emfisema, lubang terbentuk di dinding dalam kantung udara yang melemahkan struktur bagian dalamnya. Emfisema menyulitkan paru-paru menyerap cukup oksigen untuk dibawa ke aliran darah. Seiring waktu, emfisema juga menghancurkan elastisitas saluran udara, sehingga kantung udara runtuh dan menjebak oksigen di paru-paru.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), jumlah orang dewasa yang pernah didiagnosis menderita emphysema adalah 3,4 juta. Jumlah emfisema pada 2013 adalah sekitar 8.284 orang. Jumlah emfisema per 100.000 penduduk adalah diperkirakan sebanyak 2,6 orang.

Karena emfisema dan bronkitis kronis termasuk dalam kategori PPOK, untuk memahaminya, kamu juga perlu mempelajari fakta tentang PPOK. PPOK adalah penyebab utama kematian ketiga di Amerika Serikat dengan lebih dari 11 juta orang didiagnosis menderita PPOK. Faktanya, sekitar 24 juta orang mungkin memiliki PPOK tanpa menyadarinya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asap tembakau atau asap rokok merupakan penyebab emfisema dan PPOK paling utama. Lebih dari 3 juta orang meninggal karena PPOK pada 2012, yang setara dengan 6 persen kematian di seluruh dunia pada tahun itu.

Cukup mengejutkan faktanya bukan? Informasi lainnya tentang penyebab emfisema bisa kamu tanyakan dokter di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat. Serta kamu juga bisa beli obat/vitamin dan cek laboratorium tanpa perlu keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo, unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!