20 March 2018

Gampang Lupa? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Gampang Lupa? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Otak punya peranan penting dalam menyimpan memori. Itu mengapa kamu perlu menjaga kesehatan otak, salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, kamu bukan hanya menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga membantu menjaga ingatan, konsentrasi, dan fokus dalam beraktivitas. Lantas, apakah ada makanan yang bisa mencegah gampang lupa? Cari tahu di sini, yuk! (Baca juga : Mudah Lupa? Mungkin Ini Sebabnya)

1. Gandum

Sebuah studi menyebutkan bahwa vitamin B6 dan B12 dapat mengendalikan kadar zat yang dikenal sebagai homocysteine dalam tubuh. Homocysteine merupakan sejenis protein yang terkait dengan penyusutan otak lebih cepat, salah satunya ditandai dengan penurunan daya ingat. Itu mengapa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, salah satunya gandum dapat meningkatkan dan mempertahankan daya ingat.

2. Minyak Ikan

Selain baik untuk kesehatan jantung, minyak ikan juga baik untuk kesehatan otak. Ini karena minyak ikan mengandung omega-3, yaitu EPA (docosahexaenoic acid), dan DHA (eicosapentaenoic acid) yang dapat membantu mempertajam daya ingat serta fungsi lainnya. Kamu bisa mendapatkan minyak ikan dari ikan makarel, salmon, dan sarden.

3. Telur

Kandungan kolin dalam telur sama pentingnya dengan vitamin B, nutrisi yang dapat membangun membran sel dan memproduksi sinyal otak. Itu mengapa makan telur setiap hari bermanfaat untuk kesehatan otak, salah satunya menunda penurunan fungsi otak yang ditandai dengan berkurangnya daya ingat. Sebuah studi bahkan menyebutkan bahwa kurangnya kolin dalam tubuh telah dikaitkan dengan gangguan saraf dan penurunan fungsi kognitif. Jadi, jika kamu ingin mencegah lupa, kamu bisa mengonsumsi telur atau makanan kaya vitamin B lainnya seperti ayam, ikan, dan sayuran hijau.

4. Buah Berry

Selain mencegah kanker, buah berry juga dapat meningkatkan daya ingat. Ini karena buah berry mengandung anthocyanin, senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, termasuk penurunan daya ingat karena faktor usia. Studi lain juga menyebutkan bahwa buah berry dapat memperbaiki atau menunda kehilangan memori jangka pendek. Kamu bisa mendapatkan manfaat buah berry dengan mengonsumsi blueberry, stroberi, dan ceri.

5. Brokoli

Brokoli kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak. Hal ini disebutkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Ching Hua di Beijing, Cina. Studi lain juga menyebutkan bahwa brokoli mengandung acetylkolinesterase inhibitor, enzim pemicu menurunnya daya ingat karena menghambat asetilkolin, senyawa pada neurotransmitter yang berperan sebagai pusat ingatan dan pusat belajar.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology. Studi tersebut menyebutkan bahwa asupan vitamin E yang baik dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, terutama orang tua. Kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin E dari mengonsumsi sayuran hijau, biji-bijian, gandum, beras merah, dan telur.

Lupa itu wajar, apalagi jika kamu sedang tidak fokus dalam menerima informasi. Tapi, jika lupa terjadi terus-menerus dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu perlu segera bicara dengan dokter. Untuk bicara dengan dokter, kamu bisa  memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.