• Home
  • /
  • Gigi Mudah Ngilu, Kenali 6 Gangguan Mulut Ini

Gigi Mudah Ngilu, Kenali 6 Gangguan Mulut Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Gigi Mudah Ngilu, Kenali 6 Gangguan Mulut Ini

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya gangguan pada gigi dan mulut, gigi ngilu sering kali menyerang dengan tiba-tiba. Kondisi ini membuat pengidapnya tak nyaman melakukan aktivitas, terutama ketika makan dan minum. Jangan main-main dengan gigi yang mudah ngilu. Sebab keluhan ini bisa saja berkembang menjadi lebih berat.

Lantas, apa saja sih penyebab gigi ngilu? Dalam dunia medis, gigi ngilu dapat disebabkan berbagai hal. Mulai dari kerusakan lapisan gigi, hingga tambalan gigil yang rusak. Yuk, simak ulasannya di bawah ini 

Baca juga: Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Nyeri?

1. Gigi Sensitif

Gigi sensitif akan memunculkan sensasi rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Nah, rasa ngilu ini terjadi sebagai respons terhadap sejumlah kondisi. Contohnya, setelah makan atau minum makanan yang terlalu panas atau dingin. Rasa ngilu yang terjadi dapat berlangsung sementara atau jangka panjang, serta pada satu gigi atau pada beberapa gigi secara bersamaan. Lalu, apa yang menyebabkan gigi sensitif? 

Gigi sensitif dapat terjadi ketika menipisnya enamel gigi atau terbukanya akar gigi. Rasa tidak nyaman pada gigi juga bisa disebabkan karena gigi retak, gigi berlubang, atau prosedur medis yang dilakukan pada gigi, seperti prosedur memutihkan gigi. 

Baca juga: 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

2. Gangguan pada Gusi

Gigi ngilu juga bisa menandai adanya gangguan pada gusi. Gangguan pada gusi ini bisa dipicu berbagai hal. Mulai dari perawatan gigi yang kurang baik, penumpukan karang gigi, terlalu keras menyikat gigi, hingga kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.

Radang gusi merupakan salah satu gangguan pada gusi yang umum terjadi. Kondisi dikarenakan lapisan plak atau bakteri yang menumpuk di gigi. Meski bukan sebuah penyakit periodontal yang tidak menyebabkan kerusakan, tetapi bila tidak diobati radang gusi dapat berkembang menjadi periodontitis. Hal ini dapat akan menyebabkan dampak yang lebih serius hingga terjadinya kehilangan gigi.

3. Abses periapikal

Selain dua hal di atas, abses periapikal tau abses gigi juga bisa menyebabkan gigi terasa ngilu. Abses gigi merupakan kondisi ketika terdapat kumpulan nanah di pangkal gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

4. Gigi Berlubang

Masalah gigi yang satu ini bisa menimbulkan beragam gejala, salah satunya membuat gigi terasa ngilu. Gigi berlubang bisa disebabkan berbagai hal, tetapi umumnya terjadi akibat bakteri atau kuman yang menggerogoti gigi. 

Jangan main-main dengan gigi berlubang, sebab masalah ini bisa menimbulkan nyeri atau sakit yang mungkin tak tertahankan. Selain itu, dalam beberapa kasus gigi berlubang bisa menimbulkan komplikasi. Mulai dari infeksi gigi, abses gigi, sepsis, hingga gigi tanggal. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

5. Gigi yang Retak

Timbulnya rasa ngilu pada gigi juga bisa disebabkan oleh gigi yang retak. Gigi retak bisa disebabkan karena mengunyah makanan yang terlampau keras. Selain itu, benturan atau pukulan dan usia yang makin bertambah juga bisa memicu gigi retak menjadi retak. 

Ketika gigi retak, maka akar gigi mudah terpapar lingkungan luar. Nah, kondisi inilah yang bisa menyebabkan gigi ngilu. Contohnya, ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman dingin. 

6. Tambalan gigi rusak atau longgar

Terakhir, gigi ngilu juga bisa disebabkan oleh tambalan gigi yang rusak atau longgar. Tambalan yang sudah longgar bisa memengaruhi akar gigi, sehingga menyebabkan gigi terasa ngilu. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah gigi ngilu? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. What causes sensitive teeth, and how can I treat them?
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Toothache.
Health. Diakses pada 2020. 14 Reasons Your Tooth Hurts.
WebMD. Diakses pada 2020. What Causes Sensitive Teeth?