16 March 2018

Hari Tidur Sedunia, Intip 5 Cara Tidur Nyenyak

Hari Tidur Sedunia, Intip 5 Cara Tidur Nyenyak

Halodoc, Jakarta – Hari Tidur Sedunia jatuh pada hari ini. Bertemakan "Join the Sleep World, Preserve Your Rhythms to Enjoy Life", peringatan Hari Tidur Sedunia bertujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya menikmati hidup dengan cara menjaga irama tidur.

Bukan hanya baik untuk kesehatan, menjaga irama tidur juga penting untuk memastikan jam biologis tubuh tetap berjalan baik. Ini karena jam biologis tubuh memiliki peran penting dalam mengatur kapan tubuh harus beristirahat dan beraktivitas. Jika pola tidur tidak teratur, maka, jam biologis tubuh juga akan terganggu. Akibatnya, kondisi ini akan membuat tubuh rentan mengalami sakit bahkan menyebabkan kerusakan otak.

Untuk mencegahnya, kamu perlu menjaga irama tidur dengan menerapkan pola tidur yang baik. Salah satunya adalah dengan menjaga kualitas tidur. Tapi, bagaimana caranya? Simak lima cara tidur nyenyak berikut ini, yuk!

1. Hindari Main Gadget sebelum Tidur

Sebisa mungkin, hindari bermain gadget sebelum tidur. Ini karena sinyal cahaya biru pada gadget dapat menekan produksi melatonin, hormon alami yang diproduksi tubuh saat malam hari untuk membantu seseorang tidur. Akibatnya, jam tidur kamu akan tertunda dan memengaruhi jam biologis tubuh. Itu mengapa saat kamu bermain gadget sebelum tidur, kamu cenderung “lupa waktu” dan tidur lebih larut.

2. Mandi Air Hangat sebelum Tidur

Sebuah studi menemukan bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Ini karena saat kamu mandi air hangat sebelum tidur, tubuh akan lebih rileks. Suhu dingin yang kamu rasakan setelah mandi juga akan menjadi sinyal tubuh agar kamu segera tidur. Nah, jika kamu ingin tidur lebih nyenyak, kamu bisa mandi air hangat 90 menit sebelum tidur. Karena di waktu tersebut, tubuh dapat mengatur ritme dasar sirkadian yang akan memberikan sinyal pada tubuh untuk mengantuk.

3. Hindari Makan sebelum Tidur

Makan di malam hari memang enggak dilarang. Tapi sebisa mungkin, hindari makan sebelum tidur, setidaknya dua jam sebelumnya. Ini karena proses tubuh untuk mencerna makanan membutuhkan waktu yang enggak sebentar. Jadi, makan tepat sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur kamu. Sebelum tidur, hindari juga konsumsi kafein dalam bentuk apapun, termasuk kopi, teh, minuman bersoda, dan lainnya. Karena konsumsi kafein sebelum tidur akan membuat kamu semakin terjaga di malam hari.

4. Buat Rutinitas sebelum Tidur

Jika kamu kesulitan tidur, kamu bisa "memaksa" tubuh untuk segera tidur dengan memancing rasa kantuk. Diantaranya adalah dengan mematikan lampu, membaca buku, mengatur suhu kamar, dan lainnya. Ini dilakukan  untuk memberi tahu otak bahwa waktu tidur sudah dekat, sehingga otak akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk bersiap tidur.

5. Meditasi sebelum Tidur

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine menemukan bahwa seseorang yang melakukan meditasi sebelum tidur, setidaknya 10-20 menit memiliki risiko lebih rendah terserang depresi, kelelahan, dan insomnia. Ini karena meditasi sebelum tidur dapat mengurangi perasaan dan pikiran negatif yang menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur. Alhasil, meditasi sebelum tidur bisa membuat pikiran kamu lebih santai dan lebih mudah untuk tidur.

Kalau lima cara di atas enggak bisa memperbaiki kualitas tidur kamu, ada baiknya kamu bicara ke dokter. Agar pola tidur membaik, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor untuk bicara pada dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. (Baca juga : Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia)