19 June 2018

Hati-Hati Gangguan Penglihatan Gara-Gara Orgasme

gangguan penglihatan akibat orgasme, hubungan intim suami istri, orgasme pada pria

Halodoc, Jakarta – Meskipun jarang terjadi, kasus ini mulai menjadi sorotan saat ada pria Inggris yang mengalami penurunan fungsi penglihatan setelah berhubungan intim dan mencapai orgasme. Setelah diperiksa oleh dokter, penyebabnya adalah perdarahan di mata sehingga membuat sebagian penglihatannya terganggu.

Baca juga: Inilah Yang Terjadi pada Tubuh Ketika Orgasme

Orgasme dan ejakulasi adalah dua hal yang berbeda. Orgasme adalah pelepasan mendadak ketegangan seksual yang terkumpul, menyebabkan kontraksi otot ritmik di daerah pinggul dan menghasilkan sensasi kenikmatan yang kuat serta rileksasi yang cepat. Sedangkan ejakulasi adalah hasil akhir dari proses orgasme, yaitu saat di mana Mr P mengeluarkan air mani yang mengandung sperma melalui kontraksi otot yang dahsyat.

Bagaimana Orgasme Bisa Memengaruhi Penglihatan?

Pada kasus pria Inggris tersebut, dokter menduga adanya manuver valsalva yang dilakukannya saat orgasme. Manuver valsava adalah proses membuang napas secara paksa dengan menutup bibir dan menutup hidung. Hal ini biasanya dilakukan beberapa pria untuk menunda ejakulasi dini.

Baca juga: 5 Tips Agar Tak Ejakulasi Dini Saat Berhubungan Intim

Selama orgasme, manuver valsalva bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh vena di retina mata secara tiba-tiba. Tekanan berlebih inilah yang bisa memicu pecahnya pembuluh darah pada mata, menyebabkan perdarahan di mata dan mengganggu penglihatan. Proses ini juga bisa menyebabkan terlepasnya gumpalan darah, perdarahan, dan irama abnormal yang berasal dari bilik jantung yang berfungsi untuk memompa darah keluar dari jantung. Efek lain yang ditimbulkan adalah munculnya perasaan pusing atau pingsan (hilang kesadaran).

Perlukah Dilakukan Pengobatan Khusus?

Secara umum, gangguan penglihatan karena orgasme bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. Ini karena darah di mata akan diserap kembali ke tubuh secara alami, sehingga penglihatan bisa normal kembali. Kamu hanya perlu menunggu agar penglihatan kembali normal. Namun, kalau keluhan ini membuat kamu tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segeralah bicara ke dokter mata untuk penanganan lebih lanjut.

Mencegah Gangguan Penglihatan Akibat Orgasme

Berikut adalah beberapa hal yang bisa diterapkan untuk mencegah gangguan penglihatan akibat orgasme:

Baca juga: Kenapa Wanita Lebih Sulit Orgasme?

  • Jangan terlalu memaksakan diri, nikmati saja proses yang kamu alami saat berhubungan intim.
  • Jika sudah saatnya ejakulasi, jangan ditahan dengan cara menahan napas (manuver valsalva). Namun, kalau kamu punya masalah ejakulasi dini, segeralah bicara dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Menunda Orgasme dengan Latihan Pernapasan

Daripada menahan napas, ada baiknya kamu melakukan latihan pernapasan untuk menunda orgasme. Misalnya saat penetrasi Mr P ke dalam lubang Miss V dan kamu sudah merasakan orgasme, kamu bisa memelankan tempo hentakan pinggul. Alihkan juga pikiran dari rangsangan yang telah ada, lalu tariklah napas 3-4 kali hembusan. Teruslah alihkan pikiran sampai aliran sperma mulai menurun.

Setelah kamu bisa mengendalikan tubuh, kamu bisa melanjurkan penetrasi hubungan intim dengan tempo yang lebih cepat. Untuk membangkitkan gairah, kamu bisa mulai mencari lagi rangsangan tubuh pasangan. Lakukan secara berulang, sampai waktu orgasme yang diinginkan tiba. Nah, kalau kamu punya keluhan atau pertanyaan lain seputar orgasme, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!