• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Kulit Kronis yang Bisa Dialami Orang Dewasa

Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Kulit Kronis yang Bisa Dialami Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Kulit Kronis yang Bisa Dialami Orang Dewasa

“Penyakit kulit dianggap kronis bila bertahan dalam waktu yang lama bahkan seumur hidup. Ada beberapa jenis penyakit kulit kronis yang bisa dialami orang dewasa. Masing-masing penyakit menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Mengetahui gejala-gejala penyakit kulit kronis bisa membantu kamu untuk mewaspadainya dan segera minta pengobatan yang tepat dari dokter bila mengalaminya.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit kulit adalah penyakit umum yang bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pada orang dewasa, kebanyakan jenis penyakit kulit yang terjadi biasanya bersifat sementara dan mudah hilang setelah diobati. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa mengalami penyakit kulit jangka panjang atau kronis.

Penyakit kulit kronis sering dijuluki juga penyakit kulit permanen karena biasanya sulit untuk disembuhkan dan bisa bertahan seumur hidup. Meskipun gejalanya bisa diredakan dengan berbagai pengobatan, tetapi penyakit kulit kronis masih bisa kambuh kembali. Ada banyak jenis penyakit kulit kronis. Dengan mengetahui gejalanya, kamu bisa mewaspadai penyakit ini dan meminta pengobatan yang tepat dari dokter sedini mungkin.

Baca juga: 4 Penyakit Kulit Ini Dipicu oleh Virus

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Kronis dan Gejalanya

Beberapa penyakit kulit kronis muncul sejak lahir, sementara itu yang lain muncul tiba-tiba di kemudian hari. Penyebab gangguan ini tidak selalu bisa diketahui. Banyak penyakit kulit permanen memiliki perawatan yang efektif untuk mengatasi gejalanya dalam waktu alam. Namun, mereka tidak bisa disembuhkan dan gejalanya bisa muncul kembali kapan saja.

Berikut ini jenis penyakit kulit kronis yang bisa dialami oleh orang dewasa beserta gejala-gejalanya:

  1. Rosacea

Rosacea adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan kemerahan pada wajah. Penyakit ini lebih sering dialami oleh wanita daripada pria dan biasanya baru berkembang setelah usia 30 tahun.

Gejala utama rosacea adalah wajah memerah (seperti menggunakan perona pipi atau terbakar), kulit teriritasi dan jerawat. Gejala lainnya yang juga bisa muncul, antara lain:

·         Penebalan kulit.

·         Flushing, ketika wajah menjadi gelap untuk sementara.

·         Pembuluh darah terlihat.

·         Iritasi mata.

Baca juga: Begini Cara Merawat Wajah untuk Pengidap Rosacea

  1. Psoriasis

Ini adalah penyakit kulit yang terjadi akibat gangguan autoimun yang menyebabkan sel berkembang pesat pada kulit. Psoriasis menyebabkan penumpukan sel-sel kulit di permukaan kulit yang mengakibatkan munculnya bercak kulit yang tidak normal. Gejalanya adalah kulit yang terkena biasanya memerah, bersisik, dan sangat gatal.

  1. Vitiligo

Vitiligo adalah hilangnya pigmentasi pada kulit. Gejala utamanya adalah bercak putih yang biasanya muncul di area kulit yang terkena sinar matahari. Orang dengan vitiligo sering kehilangan warna rambut mereka lebih awal juga. Bagi sebagian pengidap, gejala vitiligo hanya muncul di satu area, sementara itu yang lain menemukan bahwa gejala tersebut menyebar secara perlahan selama bertahun-tahun.

  1. Eksim

Meskipun paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak, tetapi eksim bisa berlanjut sampai dewasa juga. Gejalanya meliputi ruam di wajah, kulit kepala, di belakang siku, atau di leher, pergelangan tangan, pergelangan kaki, atau kaki.

Ruam yang muncul terasa sangat gatal dan bisa menjadi bergelombang, berubah warna, atau menebal. Pada orang dewasa, ruam bisa menutupi lebih banyak bagian tubuh yang menyebabkan kulit sangat kering dan gatal secara permanen.

  1. Melanoma

Hati-hati bila kamu menemukan tahi lalat dengan bentuk yang tidak normal. Pasalnya, tahi lalat yang memiliki bentuk yang tidak simetris, tepi yang tidak rata, warna yang tidak rata, atau perubahan ukuran perlu diwaspadai karena bisa menjadi gejala melanoma, yaitu kanker kulit yang serius dan mengancam jiwa.

Baca juga: Penyakit Kulit Kronis, Kenali 4 Gejala Neurodermatitis

Itulah gejala penyakit kulit kronis yang bisa dialami orang dewasa. Bila kamu mengalami gejala dari salah satu penyakit kulit di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan pengobatan.

Sekarang, periksa kesehatan ke dokter sudah jauh lebih mudah dengan adanya aplikasi Halodoc. Kamu tinggal buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi dan kamu bisa berobat ke dokter sesuai jadwal. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Common skin diseases and conditions.
Healthline. Diakses pada 2021. All About Common Skin Disorders
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is rosacea?