14 November 2017

Hati-Hati Kelebihan Vitamin A pada Ibu Hamil

Hati-Hati Kelebihan Vitamin A pada Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Agar pertumbuhan anak dalam kandungan bisa berkembang dengan sempurna, ia harus mendapatkan nutrisi dan asupan yang cukup. Untuk memenuhinya, ibu mesti mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang tak hanya cukup untuk dirinya namun juga si kecil dalam kandungan.

Sumber nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan ibu bisa didapatkan dari makanan sehari-hari, namun ada juga ibu yang sengaja mengonsumsi suplemen tambahan pada masa kehamilannya. Suplemen tambahan ini dikonsumsi karena kadang ibu merasa bahwa kebutuhan vitaminnya belum tercukupi jika hanya dari makanan atau minuman.

Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu dan calon bayi adalah vitamin A yang merupakan salah satu vitamin yang dapat larut dalam lemak. Kandungan dalam vitamin ini berperan dalam pertumbuhan si kecil serta meningkatkan daya tahan tubuhnya, lho. Manfaat besarnya adalah untuk membantu jaga kesehatan mata.
Bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan, vitamin A membantu pertumbuhan hati dengan lebih baik pada calon bayi, membantu pertumbuhan embrio, serta pengembangan jantung pada janin dalam kandungan. Sedangkan bagi ibu, vitamin A juga bermanfaat ketika waktu persalinan tiba, lho. Dengan terpenuhinya vitamin A, maka dapat membantu untuk meregenerasi jaringan postpartum usai melahirkan.

Namun, meski memiliki banyak manfaat tapi berlebihan mengonsumsi vitamin A juga tidak baik untuk ibu dan calon bayi. Beberapa diantaranya yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

Cacat Lahir Pada Bayi
Tahukah ibu jika kelebihan vitamin A ternyata bisa meningkatkan risiko cacat pada calon bayi. Asupan vitamin A ke dalam tubuh ibu hamil yang tengah mengandung memang baik untuk dikonsumsi. Hanya saja, kelebihan dosis dari konsumsi vitamin ini dalam tubuh akan berbahaya, salah satunya dalah resiko bayi cacat lahir. Namun demikian, tidak semua bentuk dari vitamin A akan dapat mengakibatkan kondisi ini dapat terjadi.

Nafsu Makan Menurun
Jika ibu terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, maka nafsu makan ibu bisa menurun. Kalau sudah begini, tentu dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan calon bayi. Nafsu makan dapat memengaruhi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, jika ibu tidak doyan makan tentu penyerapan nutrisi jadi terganggu.

Overdosis
Belum banyak yang tahu bahwa vitamin A pun bisa menyebabkan overdosis. Kelebihan vitamin A bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Dampak negatif dari vitamin A yang dikonsumsi terlalu banyak dapat berubah menjadi racun bagi janin dalam kandungan. Namun biasanya kondisi ini bisa terjadi pada ibu yang mengonsumsi suplemen tambahan vitamin A. Jadi supaya ibu tidak salah dosis saat mengonsumsi vitamin A, sebaiknya minta saran dokter sebelum mengonsumsi vitamin A tambahan.

Selalu periksakan kesehatan secara rutin saat kehamilan agar dapat mendeteksi masalah kesehatan sejak dini. Agar terhindar dari kelebihan vitamin A, maka sebaiknya ibu selalu membicarakan masalah kesehatan pada dokter yang tepat. Untuk membantu mengatasi masalah kesehatan yang dialami, ibu bisa langsung bicara dengan dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Dengan Halodoc, ibu bisa menghubungi dokter spesialis kandungan melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, jika butuh produk kesehatan seperti suplemen dan vitamin juga bisa dibeli di Halodoc, lho. Pesanan ibu akan diantarkan ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.