06 August 2018

Hidup Lebih Sehat dengan Kardio 20 Menit

kardio,olahraga,manfaat kardio

Halodoc, Jakarta –Salah satu alasan yang paling sering digunakan untuk melewatkan olahraga adalah tidak memiliki waktu. Entah karena tuntutan pekerjaan atau aktivitas lainnya, nyatanya semakin banyak orang yang merasa tidak memiliki cukup banyak waktu untuk berolahraga. Kamu termasuk salah satunya?

Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat, dan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi ke pusat kebugaran, jangan khawatir. Berolahraga ternyata bisa dilakukan di mana saja, bahkan dalam waktu yang sangat singkat dan tidak membutuhkan alat olahraga khusus. Hanya dengan melakukan olahraga kardio selama 20 menit, disebut sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Lantas, apa saja sih yang harus dilakukan dan bagaimana cara mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga selama 20 menit ini?

Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung. Jenis olahraga ini banyak direkomendasikan karena dinilai ampuh dalam menjaga kesehatan, kebugaran, hingga pembakaran kalori. Sebab olahraga kardio tak hanya membuat tubuh bergerak, otot di tubuh menjadi lentur serta aliran darah akan menjadi lebih lancar sehingga jantung menjadi lebih sehat.

Baca juga: Katanya Kardio Ampuh Menurunkan Berat Badan, Apa Betul?

Rutin melakukan olahraga kardio juga disebut dapat membantu menjaga berat badan ideal, menghindari stres, selain itu olahraga kardio juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Rekomendasi untuk melakukan latihan kardio dalam satu hari adalah selama 30 menit dengan intensitas sedang. Sementara bagi yang sudah terbiasa, latihan kardio bisa dilakukan selama 20 menit dalam satu hari, dengan intensitas olahraga yang tinggi. Olahraga kardio dengan intensitas tinggi disarankan untuk dilakukan 3 hari dalam satu minggu.

Agar terhindar dari rasa bosan yang dapat menurunkan semangat olahraga, cobalah melakukan variasi dalam latihan. Latihan yang termasuk dalam jenis olahraga kardio di antaranya, berenang, aerobik, lari, senam, bersepeda, dan banyak lagi. Kamu bisa memilih untuk melakukan salah satu atau menggabungkan beberapa jenis gerakan dalam satu set latihan. Misalnya, dengan membagi beberapa gerakan ke dalam waktu tertentu yang secara keseluruhan adalah 20 menit. Artinya, kamu akan berolahraga kardio selama 20 menit dengan gerakan tubuh yang sangat beragam.

Baca juga: 4 Latihan Kardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

Yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Latihan Kardio

Meski memiliki hasil yang menjanjikan, olahraga kardio ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, kesalahan yang dilakukan dalam latihan kardio malah bisa membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak, terutama pada bagian perut.

Melakukan olahraga kardio dengan cara yang salah bisa meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon tersebut yang membuat tubuh menyimpan lemak, dan mengakibatkan lemak di bagian perut malah bertambah, bukannya berkurangan.

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara terbaik melakukan jenis olahraga yang satu ini. Terutama jika kamu ingin mengusir lemak yang bersarang di sekitar perut. Selain berolahraga, kamu juga dianjurkan untuk mengubah pola makan dan gaya hidup untuk mendapatkan hasil terbaik dari olahraga kardio yang dijalani.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Bikin Latihan Kardio Tidak Efektif

Lengkapi juga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan sesuai kebutuhan. Lebih mudah beli suplemen dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar dari Halodoc, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Gratis ongkos kirim, lho! Ayo, segera download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.