07 May 2018

Hilangkan Stres Saat Macet dengan Olahraga

Hilangkan Stres Saat Macet dengan Olahraga

Halodoc, Jakarta – Kemacetan lalu lintas adalah satu hal yang wajar dan hampir selalu ditemui oleh masyarakat yang hidup di perkotaan. Saat terkena macet, seseorang mungkin akan menghabiskan banyak waktu di balik kemudi, tanpa melakukan apapun.

Terjebak macet dan padatnya aktvitas sering dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Padahal, momen ini bisa dimanfaatkan untuk berolahraga, lho. Selain itu, terlalu lama berada di tengah kemacetan membuat seseorang lebih mudah merasa lelah. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa lelah tersebut adalah dengan berolahraga ringan. Lantas, bagaimana cara berolahraga meski sedang terjebak macet?

Melakukan olahraga ringan dan menggerakkan tubuh saat terjebak macet bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Bahkan, kebiasaan ini pun bisa membakar kalori serta meredakan stres yang mungkin terjadi karena macet. Gerakan-gerakan ini pun bisa membantu melancarkan sirkulasi darah.

Sakit punggung dan leher pun menjadi salah satu hal yang selalu terjadi setelah terjebak macet. Nah, gerakan-gerakan di bawah ini disebut-sebut mampu mengurangi masalah, tanpa perlu keluar dari mobil. Apa saja?

  • Latihan Leher

Salah satu gerakan ringan yang bisa dilakukan adalah “peregangan leher”. Sesuai dengan namanya, gerakan ini dilakukan di sekitar leher dan bertujuan membuat bagian tubuh tersebut menjadi lebih rileks.

  • Mulailah dengan memperbaiki posisi duduk, yaitu dengan duduk tegak. Lalu, putar kepala ke arah kanan dan tahan selama lima detik. Lakukan pada arah sebaliknya dan tahan dalam waktu yang sama.
  • Setelah itu, duduklah dengan lurus dan pandangan mata ke depan. Lalu miringkan kepala ke arah kanan, sampai otot leher terasa meregang. Tahan posisi ini hingga lima detik, kemudian ulangi gerakan yang sama ke arah sebaliknya.
  • Kemudian, dongakkan kepala ke atas dan tahan selama lima detik. Ulangi gerakan ini hingga lima kali. Setelah itu, lakukan gerakan sebaliknya, yaitu menunduk dan tahan selama lima detik lalu ulangi sebanyak lima kali.

(Baca juga: Terjebak Macet bisa Sebabkan Kanker, Alasannya?)

  • Latihan Tubuh

Dalam posisi duduk tegak, putarlah tubuh ke arah kanan lalu tahan selama lima detik. Kemudian, tarik kembali ke posisi semula dilanjutkan dengan memutar tubuh ke arah kiri. Tahan selama lima detik, setelah itu kembali lagi ke posisi semula.

  • Punggung

Kamu juga bisa melakukan gerakan yang bisa memberi kenyamanan pada bagian punggung. Mulailah dengan mengambil posisi duduk tegak, lalu menunduk secara perlahan ke arah kaki. Pertahankan posisi tersebut selama lima detik. Setelah itu, luruskan kembali tubuh sampai menempel ke kursi. Ulangi sebanyak delapan kaki.  

  • Lengan

Pegang dengan kuat kemudi dan luruskan siku. Usahakan untuk mengambil posisi senyaman mungkin untuk melakukan hal ini. Setelah itu, lakukan gerakan seperti menarik dan mendorong dengan kemudi sebagai tumpuan. Gerakan yang dihasilkan akan menyerupai posisi saat sedang melakukan push-up. Ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali dan lakukan dalam tiga set.

  • Latihan Kaki

Gerakan ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan kursi di balik kemudi. Saat sedang macet, cobalah untuk mendorong kursi sedikit ke belakang. Buatlah posisi yang memungkinkan kamu untuk meluruskan kaki. Kemudian buat gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Selain itu, bisa juga melakukan gerakan yang lebih sederhana, seperti memutar pergelangan kaki.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc aja. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat supaya lebih cepat sembuh. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!