24 May 2018

Hindari Stres? Cobalah untuk Tidak Terlalu Peduli

Hindari Stres? Cobalah untuk Tidak Terlalu Peduli

Halodoc, Jakarta – Stres bisa terjadi karena banyak hal. Namun, pemicu utama penyakit yang tergolong amat berisiko ini adalah rasa khawatir dan banyaknya beban pikiran. Jika dibiarkan, kondisi ini akan membuat kamu depresi. Padahal, belum tentu apa yang kamu cemaskan akan terjadi.

Rasa khawatir ini pun bercabang dari berbagai sebab, seperti mengkhawatirkan keuangan, nasib di masa depan, pekerjaan, hingga apa yang dikatakan orang lain tentang diri kamu. Nah, salah satu cara mengatasi stres yang terbilang efektif untuk kamu coba adalah dengan bersikap tidak peduli.

Terlalu Peduli Komentar Orang Lain Memicu Stres

Perkataan orang lain memang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap diri kamu. Namun, kamu perlu memahami bahwa semua orang tidak mengerti kamu sebaik diri kamu sendiri. Belum tentu juga apa yang orang lain katakan sesuai dengan kenyataan yang kamu alami. Jadi, sebaiknya mulailah bersikap tidak peduli agar pikiran kamu tidak terbebani dengan ucapan yang belum tentu benar.

Mengkritik apa yang dimiliki orang lain sudah menjadi salah satu sifat alami manusia. Ditambah lagi dengan sifat iri dan tidak pernah puas. Memang, sebagian orang menyimpan kritik dan penilaian dalam hati, tetapi tak sedikit juga yang langsung mengatakannya tanpa berpikir. Jika semua kritikan terlalu kamu pedulikan, pada akhirnya ini memicu timbulnya stres.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres dalam Waktu Singkat

Meski begitu, bukan berarti yang harus kamu lakukan adalah berhenti peduli pada semua hal sama sekali. Yang kamu butuhkan adalah filter untuk menyaring mana kritikan yang sesuai dengan sesuai dengan dirimu dan hal yang ingin kamu capai, serta bisa kamu adopsi. Jika kritikan yang kontradiktif dengan dirimu dan tujuanmu juga kamu terapkan, ini malah akan mempersulit dirimu sendiri. Akhirnya kamu jadi stres.

Di samping itu, kamu perlu memahami bahwa tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan kemauan kamu. Karena jika memaksakan keinginan, kamu akan semakin merasa tertekan. Menjalani hidup sebagaimana adanya menjadi cara mengatasi stres lainnya yang bisa kamu terapkan. Jangan banyak mengeluh terhadap suatu hal yang tidak sesuai keinginan. Kamu bisa mencari jalan lain agar tidak tertekan dengan keadaan.

Berusaha untuk Membahagiakan Semua Orang Itu Melelahkan

Khawatir akan adanya orang yang tidak menyukai kamu menjadi hal yang lumrah terjadi. Kamu dilahirkan dengan segala karakter dan sifat yang berbeda dengan orang lain. Tentu saja tak semua sifat yang ada pada diri kamu sesuai atau klop dengan apa yang diinginkan orang. Inilah yang terkadang menimbulkan perdebatan.

Meski begitu, jangan pernah mencoba untuk membahagiakan semua orang agar mereka berbalik menyukai kamu. Ini justru akan meningkatkan kecemasan pada diri kamu, dan pada akhirnya kamu malah akan semakin tertekan. Terlebih kalau kamu tidak berhasil melakukannya. Bagaimanapun kamu mencoba, akan tetap ada orang yang tidak suka dengan apa yang kamu lakukan atau apa yang kamu capai. Jadi, bersikap tidak peduli akan jauh lebih baik.

Baca juga: Wanita Tak Boleh Stres, Ini Dampaknya

Jujur Tentang Apa yang Kamu Pikirkan Terhadap Orang Lain

Terbelenggu oleh rasa tidak enak hati? Sebaiknya kamu singkirkan pikiran itu sekarang juga. Terlalu baik karena rasa tidak enak hati akan membuat kamu akan sering dimanfaatkan. Mulai sekarang, cobalah untuk mengatakan tidak untuk semua hal yang memang tidak kamu inginkan. Jangan mengatakan iya hanya karena kamu tidak ingin dicap tidak setia kawan atau “tidak baik”. Kamu juga punya pendirian, dan lebih baik itu yang kamu pertahankan.

Selain itu, mengutarakan apa yang ada di pikiran kamu terhadap orang lain juga tak membuat kamu merugi. Justru, itu akan mengurangi beban yang mengendap di hati dan pikiran. Tak ada salahnya mengatakan apa yang kamu rasakan, terlebih jika itu memang baik untuk dilakukan.

Itu tadi sedikit informasi mengenai cara menghindari stres dengan bersikap tidak peduli. Tidak usah mendengar apa kata orang lain, tetaplah jadi diri kamu sendiri. Nah, kalau kamu merasa tertekan dan mengalami gejala stres, jangan ragu untuk bertanya langsung pada psikiater atau psikolog lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di Google Play Store dan App Store sekarang juga!