28 June 2018

Ibu Hamil Enggak Boleh Makan Durian, Fakta atau Mitos?

fakta durian bagi ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Kehamilan memang perlu dijaga dengan baik agar kondisi ibu dan janin tetap sehat hingga persalinan tiba. Itu mengapa kebanyakan ibu hamil akan berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sayangnya, ada beberapa informasi yang beredar di masyarakat namun belum terbukti kebenarannya. Termasuk informasi yang menyebutkan bahwa ibu hamil dilarang makan durian.

Baca juga: Agar Tak Panik, Ketahui 5 Mitos Kehamilan Ini

Durian dianggap berbahaya bagi ibu hamil karena kandungan gula dan gas di dalamnya. Sebab jika dikonsumsi berlebih, kandungan ini tak jarang memicu mual dan muntah berlebih pada ibu hamil. Namun, ini bukan berarti ibu hamil dilarang mengonsumsi durian selama kehamilan. Berikut adalah fakta durian bagi ibu hamil yang perlu diketahui:

Ibu Hamil Tidak Dilarang Makan Durian

Ibu hamil boleh-boleh saja makan durian. Sebab hingga saat ini, belum ada studi yang membuktikan adanya pengaruh konsumsi durian terhadap kontraksi janin. Meski begitu, ibu hamil yang mengidap diabetes kehamilan (diabetes gestasional) tidak dianjurkan untuk mengonsumsi durian karena kandungan gulanya yang tinggi. Ini adalah kondisi di mana ibu hamil memiliki tingkat glukosa darah lebih tinggi dari normal.

Manfaat Konsumsi Durian Saat Hamil

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, konsumsi durian saat hamil memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat konsumsi durian saat hamil?

1. Menyediakan Energi

Durian mengandung gula, seperti fruktosa dan sukrosa yang bisa menyediakan energi untuk ibu hamil. Durian juga mengandung lemak tak jenuh (lemak baik), sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir terjadi peningkatan kadar lemak dan kolesterol setelah mengonsumsi durian.

2. Sumber Zat Besi

Durian kaya akan zat besi. The Dietetic & Food Services in Changi General Hospital Singapore menyebutkan bahwa durian memenuhi sebagian besar (sekitar 92 persen) kebutuhan zat besi harian. Kandungan ini bisa membantu menyerap air dan makanan di saluran cerna, sehingga bisa melancarkan saluran cerna dan mencegah konstipasi.

3. Sumber Asam Folat

Durian mengandung asam folat yang bisa mendorong pembentukan sel darah merah yang kayak oksigen dan merangsang perkembangan saraf janin. Asupan ini penting bagi kehamilan, terutama pada trimester pertama untuk meminimalkan risiko kelainan bawaan lahir.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan zinc, organo-sulfur, dan triptofan pada durian bisa mengurangi radikal bebas penyebab infeksi saat hamil.

5. Kaya Akan Mineral dan Vitamin

Durian mengandung zinc yang bagus untuk kesehatan mata dan jaringan kulit dan kalium yang bisa menyeimbangkan tekanan darah dan kadar cairan dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa membantu mengurangi pembengkakan yang sering terjadi saat hamil. Selain itu, durian juga mengandung vitamin B kompleks, seperti niasin, thiamin, dan riboflavin. Kandungan ini juga berperan untuk menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan.

Baca juga: 5 Kondisi yang Membahayakan Janin   

Batasan Konsumsi Durian Saat Hamil

Sebenarnya, tidak ada batasan yang pasti terkait konsumsi durian saat hamil. Ini karena ibu hamil harus tahu sendiri batasannya. Artinya, ibu hamil hanya disarankan untuk mengonsumsi durian secukupnya atau sekadar mencicipinya saja. Sebab, asupan utama ibu hamil adalah ikan, daging, sayur, dan telur.

Itulah beberapa fakta tentang konsumsi durian selama kehamilan. Kalau ibu masih ragu tentang konsumsi durian selama kehamilan, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter Halodoc yang tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!