Ibu Muda, Ini 4 Tips Urus Anak Tanpa Kelelahan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengasuh anak, ibu muda, mengasuh anak tanpa kelelahan

Halodoc, Jakarta – Menikah di usia muda kemudian memiliki anak tidak lagi menjadi satu hal yang aneh. Bagi wanita yang memutuskan untuk menjadi ibu muda, kesiapan fisik dan mental sangatlah penting. Sebab tak dapat dimungkiri, mengurus anak bukanlah pekerjaan yang mudah rentan memicu stres. Karena itu, selain butuh kerja sama yang baik dengan sang ayah, ibu juga butuh tips untuk mengatasi lelah dan stres.

Selain karena baru pertama kali, dan mungkin belum memiliki pengalaman sebelumnya, nyatanya melakukan pekerjaan sebagai ibu “full time” bisa menjadi sangat melelahkan. Anak yang selalu rewel, pekerjaan rumah yang terasa berat dan tak ada habisnya, hingga suami yang terkadang sulit diajak berkerja sama. Nah, untuk menghindari kelelahan dan stres yang berlebihan, perlu tahu nih tips mengurus anak yang baik dan benar. Apa saja, sih?

Baca juga: Ini 4 Akibat Pola Asuh Otoriter pada Anak

1. Atur Pola Makan

 

 

Meski sibuk, ibu muda tetap tidak boleh melewatkan waktu makan dalam satu hari. Apalagi sampai sembarang makan dengan alasan takut Si Kecil rewel. Nyatanya mengonsumsi makanan yang sehat tetap penting dan harus dilakukan para ibu. Selain untuk menambah tenaga, ibu juga membutuhkan asupan makanan sehat untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Untuk itu, pastikanlah selalu memenuhi kebutuhan tubuh dengan asupan dan pola makan yang seimbang. Perbanyak konsumsi karbohidrat, protein, sayur, buah, dan jangan lupa air putih. Selain untuk menjaga kesehatan, pola makan sehat dan seimbang juga berperan untuk menjaga kesehatan wajah dan kulit, sehingga ibu akan selalu tampil cantik.

2. Kenalkan Waktu Tidur

 

 

Salah satu penyebab ibu mudah merasa lelah adalah karena jam tidur yang berantakan. Sebab salah satu dampak dari kurang tidur dan kurang istirahat adalah tubuh merasa lebih mudah lelah dan tidak bertenaga. Untuk itu, sangat penting untuk memastikan ibu mendapat jam tidur yang cukup meski sedang mengasuh.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tidur ibu adalah dengan mengajak serta Si Kecil tidur. Nah, untuk itu, mulailah mengenalkan waktu tidur dan buat pola tidur untuk anak sehingga ibu pun akan memiliki waktu yang lebih pasti untuk beristirahat.

Baca juga: Ini Alasan Orangtua Enggak Boleh Membandingkan Anak

3. Tetap Berolahraga

 

 

Meski sudah cukup lelah, ibu tetap perlu berolahraga setidaknya 30 menit dalam satu hari. Nyatanya berolahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang dan tubuh yang sehat adalah aset untuk menghindari stres.

Jika tidak memiliki cukup banyak waktu, cobalah untuk berlari atau jalan santai di pagi hari. Jika Si Kecil sudah mulai bisa berjalan, ibu juga bisa mengajaknya berjalan santai di pagi hari.

4. Jangan Lupa Me Time

Tidak ada salahnya jika para ibu ingin menghabiskan waktu untuk memanjakan diri sendiri alias me time. Misalnya dengan menonton film kesukaan, membaca buku, atau melakukan perawatan wajah dan tubuh. Nyatanya hal tersebut dibutuhkan untuk membuat pikiran dan tubuh tetap segar dan terhindar dari stres. Cobalah untuk menyampaikan keinginan tersebut pada pasangan dan minta ia untuk menjaga Si Kecil saat ibu sedang me time.

Baca juga: Inilah Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Ibu yang mengasuh anak sendiri juga harus selalu segar dan bugar. Lengkapi kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!