02 January 2018

Ingin Kulit Gelap Eksotis? Perhatikan 7 Hal Sebelum Tanning

Ingin Kulit Gelap Eksotis? Perhatikan 7 Hal Sebelum Tanning

Halodoc, Jakarta – Sebagian wanita lebih suka memiliki warna kulit tubuh yang gelap karena terkesan eksotis. Tidak heran jika di pantai sering terlihat beberapa wanita berjemur di bawah terik sinar matahari. Kamu juga ingin mendapatkan kulit kecokelatan yang eksotis? Yuk, perhatikan dulu 7 hal berikut sebelum berjemur agar kamu bisa mendapatkan hasil kulit tanned yang sempurna tanpa khawatir kulit menjadi rusak.

Para wanita yang ingin mendapatkan warna kulit kecokealatan yang glowing dan eksotis biasanya akan melakukan skin tanning. Terdapat dua metode untuk melakukan skin tanning, yaitu:

1. Outdoor Tanning

Proses penggelapan kulit ini dilakukan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari dengan pakaian yang cukup terbuka agar semakin luas daerah kulit yang dapat terpapar sinar matahari, sehingga bisa mendapatkan hasil warna kulit kecokelatan yang merata. Namun, metode outdoor training juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu sinar UVB matahari dapat membuat jaringan epidermismu menebal dan menyebabkan kulitmu terbakar atau sunburn

2. Indoor Tanning

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah terdapat alat-alat yang dapat membantumu menggelapkan kulit di dalam ruangan tanpa paparan sinar matahari:

  • Tanning Bed. Salah satu alat yang bisa membantu menggelapkan kulit tanpa sinar matahari adalah tanning bed. Seperti namanya, alat ini berbentuk seperti ranjang yang dilengkapi penutup dan dapat memancarkan radiasi sinar UV untuk menggelapkan kulitmu. Menggelapkan kulit dengan tanning bed diklaim lebih aman daripada berjemur, karena alat tersebut hanya memancarkan sinar UVA yang tidak akan membuat kulit terbakar.
  • Tanning Airbrush. Proses menggelapkan kulit dengan menggunakan teknik airbrush cukup sederhana. Kulit tubuhmu akan disemprotkan cairan khusus dari alat airbrush oleh terapis. Cairan khusus ini memiliki kandungan DHA sebagai bahan aktif yang bekerja dengan asam amino untuk membakar sel-sel kulit mati di dalam kulit. Dengan terbuangnya sel-sel kulit mati, akan timbul sel-sel kulit baru yang berwarna kecokelatan dan eksotis. Namun, kamu disarankan untuk melakukan scrub terlebih dahulu sebelum melakukan tanning airbrush, agar warna tanned lebih menyerap di kulit.

Tips Berjemur Sinar Matahari

Tapi bagi kamu yang lebih memilih metode tanning alami yaitu berjemur di bawah sinar matahari, lakukan tips-tips berikut untuk mencegah kerusakan kulit:

  • Hindari berjemur di antara waktu 11 pagi hingga 4 sore. Panas matahari pada jam-jam tersebut sangat menyengat dan berpotensi membakar kulit. Waktu yang disarankan untuk berjemur adalah dari jam 7 hingga jam 10 pagi.
  • Jangan lupa mengoleskan sunblock ber-SPF minimal setengah jam sebelum berjemur untuk melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari. Lalu aplikasikan sunblock setiap dua jam.
  • Jangan terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari. Waktu maksimal untuk melakukan tanning adalah satu jam. Jika kulitmu sudah terasa hangat, segera cari tempat untuk berteduh, karena kulitmu juga butuh cooling down dari paparan sinar matahari.  Untuk mendapatkan hasil kulit kecokelatan yang maksimal, berjemurlah secara rutin setiap dua hari sekali.
  • Sering-sering minum air putih selama berjemur untuk mencegah tubuhmu mengalami dehidrasi.
  • Gunakan kacamata hitam dan topi saat berjemur, karena terik sinar matahari bisa menyakiti matamu. Sedangkan topi berguna untuk melindungi rambutmu agar tidak rusak akibat sinar matahari.
  • Setelah selesai melakukan tanning, oleskan gel after sunscreen atau bisa juga menggunakan body butter untuk merawat kulitmu yang sudah terjemur sinar matahari sehingga tidak iritasi dan gatal-gatal.
  • Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan suplemen vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Nah, selamat mencoba tips-tips di atas ya untuk mendapatkan kulit kecokelatan yang eksotis. Untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit lebih lanjut atau jika kamu mengalami masalah dengan kulitmu, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Kamu juga bisa membeli produk-produk kesehatan di Halodoc dan pesananmu akan segera diantarkan dalam satu jam. Ayo, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.