Ini 3 Manfaat Minyak Samin untuk Kesehatan

Manfaat minyak samin

Halodoc, Jakarta – Minyak samin adalah sejenis minyak yang berbahan dasar mentega dan dikenal juga dengan sebutan ghee di kalangan masyarakat Timur Tengah dan India. Jika digunakan secara rutin, minyak samin punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini penjelasan tentang minyak samin yang perlu diketahui:

Nutrisi Minyak Samin

Jika selama ini minyak samin hanya terkenal  dengan khasiatnya sebagai minyak kecantikan, minyak ini juga ternyata dibutuhkan oleh tubuh karena kandungan nutrisinya yang kaya. Beberapa kandungan minyak samin antara lain:

  • 13 gram lemak.
  • 8 gram lemak jenuh.
  • 110 kalori.
  • 4 gram lemak tak jenuh tunggal.
  • Kurang dari 1 gram lemak tak jenuh ganda.

Selain kaya nutrisi, cairan ini juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Ada pula kandungan karbohidrat dan protein di dalam minyak samin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Minyak Samin untuk Kesehatan

Nah, dari seluruh nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya, minyak samin juga memberikan berbagai khasiat. Apa saja manfaat minyak samin untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Sumber Lemak Baik Bagi Tubuh

Salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak menyebabkan kematian adalah masalah jantung, seperti serangan jantung. Salah satu faktor penyebab dari penyakit ini karena konsumsi lemak jahat yang terbilang tinggi. Sebaliknya, konsumsi lemak baik akan membantu menjaga kesehatan jantung. Penggunaan ghee sebagai minyak dalam proses memasak sebaiknya dimulai dari sekarang. Hal ini disebabkan oleh komponen protein di dalamnya yang berguna untuk tubuh.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian terhadap penggunaan minyak samin kepada hewan yang mengalami kanker menunjukkan adanya perubahan baik yang signifikan. Hal ini pun dipercaya bahwa minyak samin mampu membantu menurunkan risiko kanker. Sayangnya, belum ada penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Minyak samin juga dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran cerna. Kondisi ini dikarenakan oleh kandungan asam lemak yang dikenal sebagai asam butirat di dalamnya. Tidak hanya itu, minyak samin juga mengandung anti peradangan bagi tubuh.

Minyak Samin Cocok Dikonsumsi oleh Pengidap Alergi Laktosa

Alergi laktosa adalah gangguan kesehatan berupa ketidakmampuan seseorang untuk mencerna zat laktosa yang sering diperoleh dari kandungan susu dan produk susu. Bagi seseorang yang mengalami alergi ini, minyak samin menjadi solusi terbaik untuk menggantikan peran susu. Ghee pada dasarnya mengandung protein susu seperti laktosa, namun dengan kadar yang lebih rendah. Kandungan kepadatan susu di dalam minyak samin pun telah dihilangkan, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi bagi pengidap alergi laktosa.

Selain empat manfaat minyak samin di atas, ada beberapa khasiat lain yang bisa diperoleh dari penggunaan minyak samin. Antara lain meningkatkan kesehatan ibu hamil, mengatasi batuk-batuk atau gangguan sistem pencernaan lainnya, meningkatkan kecerdasan seorang anak, menambah daya tahan tubuh, serta bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat minyak samin, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Video/Voice Call. Yuk, download aplikasi   Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: