Ini 5 Jurus Jitu Mencegah Mabuk Laut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mabuk laut, mencegah mabuk laut

Halodoc, Jakarta - Berlibur memang merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau sahabat. Namun, momen menyenangkan ini dapat berubah jika kamu atau orang terdekatmu menderita mabuk laut. Terlebih lagi kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, sehingga menyebabkan beberapa daerah wisata yang ingin kita kunjungi harus ditempuh dengan transportasi laut.

Oleh karena itu, jika kamu atau orang terdekatmu memang sudah memiliki riwayat mabuk perjalanan, ada baiknya melakukan beberapa hal untuk mencegah mabuk laut terjadi. Setidaknya, kamu bisa mengurangi efek negatif yang akan ditimbulkan oleh mabuk laut.

Jika ditelisik, mabuk laut sendiri memiliki gejala yang sama dengan mabuk perjalanan yang lain. Mabuk laut dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan cairan di dalam telinga yang bertugas mengatur keseimbangan tubuh. Kondisi ini dipicu oleh guncangan kapal selama perjalanan akibat ombak dan angin. Hal inilah yang dapat menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi kacau dan menyebabkan mabuk laut.

Bagi beberapa orang, kondisi semacam ini memang bukan masalah besar. Namun, bagi sebagian orang yang baru pertama kali menggunakan transportasi laut, hal ini akan sangat mengganggu dan merusak keceriaan perjalanan mereka. Gejala yang dapat timbul akibat mabuk laut antara lain mual, muntah, pusing, lemas, terasa berputar, bahkan pingsan.

Untuk mencegah mabuk laut, ada dua cara yang dapat dilakukan. Di antaranya adalah pencegahan sebelum naik kapal dan pencegahan saat sudah di atas kapal. Nah, berikut ini ulasannya:

Baca juga: Yang Harus Kamu Bawa saat Berlibur di Laut

Pencegahan Sebelum Naik Kapal

  1. Makan Secukupnya

Entah itu jauh atau dekat, saat hendak melakukan perjalanan usahakan agar tidak membiarkan perut dalam kondisi kosong. Sebab, perut kosong yang belum terisi sama sekali akan memicu munculnya gejala mabuk laut selama perjalanan. Makanan yang disarankan adalah yang mengandung karbohidrat, lemak yang rendah, dan protein. Pastikan untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol, kafein, makanan berlemak, dan pedas.

  1. Minum Air yang Cukup

Dehidrasi juga merupakan faktor penyebab munculnya mabuk laut. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sebelum berlayar. Dehidrasi juga dapat membuat kamu merasa pusing dan semakin bertambah parah apabila kondisi kapal tidak nyaman untuk kamu beristirahat.

  1. Minum Minuman Jahe atau Jika Perlu Obat Anti Mabuk

Minuman jahe atau permen jahe akan membantu mencegah pusing selama di perjalanan. Namun jika hal ini dirasa tidak membantu, konsumsilah obat anti mabuk perjalanan sebelum naik kapal untuk mencegah mabuk laut.

Pencegahan Selama di Perjalanan

  1. Pilih Tempat yang Minim Goncangan

Wilayah yang dirasa cukup aman dari goncangan kapal adalah bagian tengah kapal. Nah, di sini lah sebaiknya kamu beristirahat. Pastikan juga agar tempat yang kamu singgahi dekat dengan jendela agar pandanganmu dapat tertuju ke lautan lepas.

  1. Hindari Main Gadget dan Membaca Buku

Sama halnya dengan naik transportasi darat, membaca dan bermain gadget akan meningkatkan risiko kamu mengalami mabuk laut. Benda statis seperti yang ditatap terlalu lama akan memicu munculnya mabuk laut. Biasakan pandangan lebih sering mengarah ke benda yang bergerak aktif, seperti air laut, pergerakan awan, melihat orang yang berjalan-jalan, dan juga melakukan sesuatu yang aktif.

Baca juga: Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

Sedia selalu aplikasi Halodoc di mana pun kamu berada, bahkan ketika melakukan perjalanan. Siapa tahu, kamu akan butuh bantuan dokter dan juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan saat liburan.  Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!