06 March 2019

Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

kesehatan pencernaan

Halodoc, Jakarta - Sistem pencernaan merupakan organ yang sangat penting bagi keberlangsungan fungsi tubuh. Organ-organ pencernaan yang termasuk di dalamnya adalah mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, dan usus besar.  Beberapa sistem pencernaan pada tubuh sering kali mengalami masalah. Kesehatan pencernaan dapat mengalami gangguan seperti kembung, diare, sembelit, dan masalah pencernaan lain seperti maag.

Gangguan pada sistem pencernaan akan membuat kamu jadi tidak produktif, apalagi kalau kamu harus sampai terbaring di atas kasur untuk istirahat sepanjang waktu. Tentu kamu tidak ingin mengalami kondisi ini, kan? Sebaiknya kamu menjaga kesehatan pencernaan kamu, supaya terhindar dari gangguan pencernaan dengan mengikuti tips berikut:

  1. Mengonsumsi Lemak Sehat

Jangan terlalu menyalahkan lemak, karena tidak semua lemak itu buruk bagi tubuh. Ada banyak lemak baik untuk tubuh yang bahkan dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah inflamasi yang terjadi di area usus dan sekitarnya. Lemak yang sehat juga dapat menjadi sumber energi yang cukup melimpah.

Kamu bisa mendapatkan lemak sehat dari buah-buahan seperti alpukat dan beberapa biji-bijian. Selain itu ada beberapa pilihan ikan berlemak dengan kandungan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, yang bisa dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan.

Baca juga: 4 Tanda Masalah Pencernaan yang Diabaikan

  1. Konsumsi Real Food

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan jika ingin memiliki kesehatan pencernaan adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Dengan memperhatikan apa yang kamu makan, gangguan pencernaan akan jarang muncul. Bahkan pencernaan akan menjadi lebih sehat setiap saat.

Biasakanlah untuk memasak makanan yang ingin kamu makan. Dengan memasak sendiri, kamu dapat mengatur jenis nutrisi yang masuk dan mengonsumsi real food. Selama ini, pilihan makanan di luar rumah sering menggunakan makanan olahan, makanan buatan, dan bahan pengawet. Bahan yang tidak alami itu akan membebani pencernaan, sehingga gangguan akan sering terjadi.

  1. Penuhi Kebutuhan Air Harian

Sebisa mungkin kamu harus memenuhi kebutuhan air harian, sebab kebutuhan air harian akan membuat pencernaan berfungsi dengan baik. Feses yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih lunak, sehingga kamu tidak akan mengalami sembelit. Seperti yang kamu tahu, selama ini sembelit terjadi akibat kurangnya cairan tubuh. Konsumsilah setidaknya 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya untuk kesehatan pencernaan.

  1. Perbanyak Makanan Berserat

Terlalu banyak mengonsumsi nasi dan lauk berlemak merupakan tindakan yang kurang bijaksana. Pasalnya, kedua hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Pengolahan kedua hal tersebut menjadi energi akan berlangsung cukup lama, sehingga dapat membuat kamu mudah sekali mengantuk.

Selain membuat kamu mudah mengantuk, sembelit pun akan rentan menyerangmu. Perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran hijau, buah, dan beberapa jenis biji-bijian. Serat yang masuk akan membuat kamu lebih kenyang dan juga tidak kembung. Dengan begitu pun, sakit saat akan buang air besar akibat sembelit akan terhindari.

Baca juga: 4 Masalah Pencernaan Akibat Kekurangan Probiotik

  1. Kendalikan Stres

Mungkin kamu pernah mengira bahwa stres tidak memiliki efek apapun pada tubuh. Saat tubuh mengalami stres, kortisol akan dihasilkan dalam jumlah yang besar. Hormon itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga sembelit, mual, dan diare pun dapat terjadi.

Stres yang berlebihan juga akan membuat kamu memiliki pola makan yang buruk. Saat stres, kebanyakan orang sering tidak dapat mengontrol apa yang dikonsumsinya. Lambung pun akan mengalami gangguan akibat pola makan yang buruk.

Sejumlah tips di atas perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu. Apabila kamu mengalami gangguan pencernaan, kamu dapat mengkomunikasikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.