21 August 2018

Ini 6 Tips Atasi Nafsu Makan Berkurang di Trimester Pertama

nafsu makan

Halodoc, Jakarta – Salah satu keluhan yang dirasakan oleh banyak ibu hamil di trimester pertama kehamilan adalah berkurangnya nafsu makan. Hal ini turut dipengaruhi oleh morning sickness yang ibu alami. Rasa mual dan muntah-muntah memang kerap membuat ibu jadi sulit mengonsumsi makanan.

Padahal, ibu hamil perlu mendapatkan asupan seimbang yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi. Tujuannya agar kondisi janin tetap sehat dan kuat. Nah, untuk menjaga nafsu makan ibu tetap stabil selama masa kehamilan, simak tips-tips berikut, ya:

1. Usahakan untuk Tetap Makan

Ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin ibu makin merasa mual, misalnya makanan berbau amis atau berbau tajam. Namun, bila makanan tersebut mengandung banyak nutrisi, usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan tersebut. Atau ibu bisa mencari alternatif makanan lain yang juga punya kandungan nutrisi yang sama. Usahakan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, zat besi dan karbohidrat kompleks. Akan lebih baik lagi bila ibu bisa mengonsumsi daging, sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu. Intinya, nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil harus terpenuhi.

Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

2. Memenuhi Asupan Serat

Serat merupakan asupan yang sangat penting bagi tubuh, tidak terkecuali selama kehamilan. Apalagi seiring bertambahnya usia kehamilan, risiko ibu mengalami sembelit semakin tinggi. Jadi, ibu disarankan untuk mengatur menu makan agar kebutuhan serat dapat terpenuhi. Namun, ibu hamil juga disarankan untuk memerhatikan kandungan air yang terdapat di dalam makanan berserat. Pasalnya, makanan berserat yang mengandung banyak air dapat membuat ibu cepat merasa kenyang. Jadi, bagi ibu yang punya masalah dengan nafsu makan, sebaiknya bijak memilih makanan berserat.

Baca juga: Cara Atasi Susah BAB Pada Ibu Hamil

3.Konsumsi Camilan Sehat

Bila ibu hamil tidak nafsu mengonsumsi makanan berat seperti nasi, cobalah untuk mengonsumsi makanan ringan yang mungkin akan terasa lebih nyaman untuk ibu. Selain ibu bisa tetap memenuhi kebutuhan nutrisi, camilan sehat seperti pisang, yogurt dan biskuit gandum juga bisa membuat ibu kenyang lebih lama, menjaga kadar gula tetap stabil, serta memenuhi asupan protein dan kalsium. Camilan kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan yang baik saat ibu hamil tidak nafsu makan.

4. Makan Jeruk dan Jeruk Bali Setiap Hari

Penelitian menunjukkan bahwa makanan nabati rendah kalori yang kaya serat larut seperti jeruk dan jeruk bali bisa membantu ibu hamil untuk merasa kenyang lebih cepat. Selain itu, makanan jenis ini juga bisa menjaga gula darah tetap stabil. Jadi, usahakanlah mengonsumsi kedua buah-buahan tersebut setiap hari untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang.

5. Menyantap Makanan Olahan Kedelai

Kedelai mengandung protein, lemak dan karbohidrat. Dengan kandungan tersebut, makanan olahan dari kedelai dapat membantu ibu hamil lebih cepat kenyang dan menjaga nafsu makan tetap terkontrol.

6. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Rutin mengonsumsi DHA sebelum dan saat hamil dapat memenuhi nutrisi ibu hamil tetap terpenuhi pada masa-masa morning sickness. Ibu juga bisa mengonsumsi vitamin B6 atau kombinasi vitamin B dan anthistamin yang dapat membantu meredakan rasa mual serta menjaga nafsu makan.

Baca juga: Akibat Ibu Hamil Tidak Makan Teratur

Itulah 6 tips yang bisa ibu coba lakukan untuk menjaga nafsu makan di trimester pertama. Bila nafsu makan ibu tidak kunjung pulih, coba saja tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot-repot keluar rumah, ibu hamil dapat menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekaran juga di App Store dan Google Play.