• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Penyebab Memar Tiba-Tiba

Ini 7 Penyebab Memar Tiba-Tiba

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Memar pada tubuh adalah keluhan wajar, terutama setelah seseorang terjatuh atau terbentur benda yang keras (seperti meja). Tapi, kalau memar tiba-tiba muncul, kamu perlu waspada. Tenang, ini bukan karena “dijilat” setan, melainkan ada kondisi tertentu yang menyebabkan memar muncul tanpa penyebab yang jelas.

Baca juga: Tiba-Tiba Kulit Memar, Waspadai 5 Penyakit Ini

Memar bisa terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit akibat benturan atau cedera tertentu. Akibatnya, darah yang terkandung dalam pembuluh darah bocor dan keluar mengisi jaringan sekitar. Itu mengapa memar yang baru muncul biasanya berwarna merah, kemudian berubah warna seiring pemulihannya (menjadi biru atau ungu gelap hingga menguning). Lantas, kenapa memar bisa tiba-tiba muncul? Ini jawabannya.

1. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan bantalan lemak yang berfungsi untuk melindungi tubuh saat  terjadi benturan atau cedera. Kulit juga cenderung menipis karena menurunnya produksi kolagen dalam tubuh. Perubahan inilah yang membuat tubuh lebih rentan mengalami memar saat bertambahnya usia.

2. Purpura Dermatosis

Ini adalah gangguan pada pembuluh darah akibat darah yang merembes keluar dari pembuluh kapiler. Kondisi ini sering dialami oleh orang berusia lanjut (lansia). Gejala yang ditimbulkan berupa memar berwarna kemerahan di permukaan kulit, khususnya area tulang kering. Pada beberapa kasus, memar yang muncul juga disertai dengan rasa gatal.

3. Kelainan Darah

Beberapa kelainan darah, seperti hemofilia dan leukemia bisa menyebabkan memar pada tubuh. Ini bisa terjadi akibat proses pembekuan darah yang kurang optimal. Jadi, kamu perlu waspada jika memar tiba-tiba muncul dan tidak hilang dalam waktu yang lama.

4. Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini ditandai oleh banyak hal, di antaranya luka dan memar tubuh yang tiba-tiba muncul dan sulit hilang. Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah sering merasa haus, sering buang air kecil (BAK), sering merasa lapar, berat badan berkurang, pandangan kabur, kelelahan, hingga berkurangnya massa otot.

5. Cedera Otot

Penyebab umum munculnya memar adalah cedera otot. Ini adalah kondisi di mana otot-otot dan tendon tubuh menjadi tegang dan tertarik karena adanya tekanan yang besar, misalnya karena mengangkat beban berat, olahraga berlebihan, serta aktivitas berat lainnya.

6. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu, seperti obat antikoagulan dan kontrasepsi bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk membekukan darah serta melemahkan pembuluh darah. Kondisi inilah yang bisa meningkatkan risiko munculnya memar pada tubuh.

7. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari memang dibutuhkan agar tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan justru bisa menimbulkan memar pada tubuh. Ini karena paparan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan kulit kehilangan kelenturan dan ketahanannya. Hal inilah yang membuat memar di tubuh lebih mudah terjadi dan mudah terlihat.

Itulah tujuh penyebab memar yang muncul tiba-tiba. Kalau kamu sering mengalami memar tiba-tiba, segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!