18 January 2018

Ini Alasan Kenapa Anak Suka Makanan Cepat Saji

Ini Alasan Kenapa Anak Suka Makanan Cepat Saji

Halodoc, Jakarta – Mengapa anak suka makanan cepat saji? Makanan cepat saji seringkali menjadi alternatif makanan pilihan, karena praktis dan rasanya enak. Sayangnya, makanan cepat saji tidak boleh dikonsumsi terlalu sering, terutama untuk anak-anak. Selain membuat ketagihan, konsumsi makanan cepat saji terlalu banyak dapat menyebabkan komplikasi, seperti obesitas atau penyakit kronis yang bisa memengaruhi aktivitas anak-anak di sekolah.

Nah, di bawah ini mungkin bisa menjadi alasan kenapa anak-anak suka mengonsumsi makanan cepat saji:

Rasanya Enak

Makanan cepat saji biasanya mengandung penyedap yang membuat rasanya lebih enak di lidah dibandingkan dengan makanan sehat. Karena itu, anak-anak cenderung lebih menyukai makanan cepat saji dibadingkan makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Iklan Menarik

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PloS One menyebutkan bahwa iklan makanan cepat saji yang ditujukan pada anak-anak cenderung lebih menampilkan kemasan makanan yang unik dan menawarkan mainan gratis. Alhasil, hal tersebut menjadi daya tarik anak-anak untuk membeli makanan cepat saji karena kemasan yang unik atau untuk mendapatkan mainan tersebut. Bahkan, sebuah studi dari The Institute of Medizine menyebutkan bahwa iklan di TV sangat memengaruhi apa yang dimakan oleh anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Hadiah Mainan

Tidak sedikit restoran siap saji memberikan hadiah mainan untuk setiap pembelian menu makanan anak-anak. Sehingga, anak-anak akan menginginkan makanan cepat saji agar mendapatkan mainan kesukaannya. Masalahnya adalah bukan pada mainan yang diberikan, tetapi pada kurangnya kandungan nutrisi makanan cepat saji yang dikonsumsi untuk mendapatkan mainan tersebut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PloS One juga mencatat jika anak-anak yang sering mengonsumsi makanan cepat saji dengan hadiah karakter kartun justru membuat mereka terpengaruh terhadap pola makan yang salah.

Tempat yang Menyenangkan

Tidak jarang restoran cepat saji menyediakan tempat bermain untuk anak-anak. Hal ini bisa menarik perhatian mereka. Terlebih, jika restoran siap saji menghadirkan tokoh kartun terkenal yang disukai oleh anak-anak.

Kebiasaan Makan Keluarga

Padatnya aktivitas yang harus dijalani tidak jarang membuat orang tua tidak sempat menyiapkan bekal makanan sehat untuk anak. Sebagai gantinya, beberapa orang tua membawakan anak mereka bekal makanan yang lebih praktis, seperti nugget. Padahal, Alhasil, anak akan terbiasa makan makanan cepat saji sebagai menu alternatif. Karena tanpa disadari, pola hidup yang diterapkan dalam lingkungan keluarga dapat berpengaruh terhadap perilaku anak.

Jika kamu punya keluhan dengan berat badan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, atau chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.