05 January 2018

Ini Alasan Kenapa Jalan Kaki itu Sehat

Ini Alasan Kenapa Jalan Kaki itu Sehat

Halodoc, Jakarta – Meski terkadang sebagai kegiatan yang membosankan dan melelahkan namun jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mulai untuk membiasakan diri jalan kaki. Enggak perlu berjam-jam kok, karena jalan kaki yang dianjurkan dalam sehari adalah 30 menit. Nah sebagai newbie, agar tubuh enggak shock kamu bisa mulai berjalan kaki selama 10 hingga 15 menit dalam sehari.

Kenapa sih harus berjalan kaki? Kamu perlu tahu kalau jalan kaki ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi kalau kamu membarengi dengan gaya hidup sehat, seperti pola makan seimbang dan teratur. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jalan kaki adalah:

Risiko Sakit Jantung dan Tinggi Kolesterol Menurun

Jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung serta sirkulasi darah sehingga dapat membuat jantung jadi lebih kuat. Kalau kesehatan jantung kamu sudah terjaga, maka kadar kolesterol dan gula darah pun bisa menurun. Tapi perlu diingat, meski kegiatan ini bisa melatih jantung, alangkah baiknya jika kamu membicarakannya dengan dokter terlebih dahulu. Khususnya bagi kamu yang memiliki risiko sakit jantung.

Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2

Ketika kamu berjalan kaki, maka akan memicu otot jadi bekerja lebih dari biasanya. Akibatnya penyerapan glukosa pun akan meningkat sehingga dapat mencegah diabetes tipe 2. Sebaiknya berjalan kaki ini dilakukan selama 30 menit dan kamu pun jadi bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 30, lho.

Mempercepat Pembakaran Kalori

Pusing cari cara untuk bakar kalori? Jangan sedih, dengan jalan kaki selama 30 menit saja kamu bisa membakar sekitar 150 kalori dalam sehari. Kuncinya, adalah di cara jalan kaki kamu yang bukan “biasa” saja. Kamu harus berjalan cepat selama setidaknya 30 menit, agar bisa membakar semakin banyak kalori.

Dapat Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi penipisan tulang sehingga tulang jadi keropos dan menjadi rentan patah. Ini karena penipisan membuat tulang jadi rapuh. Nah untuk mencegahnya, kamu perlu melakukan olahraga dengan berjalan kaki. Mudah bukan?

Berapa langkah kaki yang disarankan?

Untuk menjaga kesehatan fisik, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat menyarankan untuk melakukan latihan aerobik selama 150 menit setiap minggu dengan intensitas sedang. Atau jika kamu melakukannya dengan intensitas tinggi, kamu bisa melakukan aerobik selama 75 menit. Nah, jika kamu berjalan kaki, maka dibutuhkan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah dalam sehari.

Agar lebih mudah berjalan kaki, kamu bisa melakukan beberapa kebiasaan baik berikut ini:

Kalau kamu naik transportasi umum, coba turun di halte atau berjalan dari kantor menuju jembatan penyebrangan. Jangan langsung naik taksi atau ojek yang berhenti di depan kantor, ya.

Kalau berjalan di outdoor mungkin kamu akan merasa tidak nyaman karena banyak debu. Coba datangi mal-mal besar dan nikmati waktu berjalan-jalan di dalamnya. Karena ada banyak hal yang bisa dilihat, kamu jadi enggak merasa bosan dan sama sekali tidak merasa lelah saat berjalan.

Saat datang waktu makan siang, jangan lagi gunakan fasilitas pesan antar atau meminta office boy, membelikannya untuk kamu. Coba jalan kaki sendiri keluar kantor agar “kuota” langkah kamu terpenuhi.

Setiap latihan fisik yang dilakukan sebaiknya dilakukan dalam pengawasan ahli. Jika kamu perlu saran dari dokter mengenai kondisi kesehatan, kamu juga bisa langsung menanyakannya pada dokter. Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, dan bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan anjuran dokter jika diperlukan. Setelahnya, kamu bisa membeli produk kesehatan seperti suplemen atau vitamin melalui Halodoc, pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play.