12 June 2018

Ini Alasan Mesti Ada Air Putih Kalau Mudik Naik Mobil

manfaat air putih dalam perjalanan, tips mudik sehat, perjalanan mudik sehat

Halodoc, Jakarta – Hari Raya Lebaran sebentar lagi. Ini merupakan momen bagi para perantau untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar. Banyak cara untuk kembali ke kampung halaman, salah satunya adalah dengan menggunakan transportasi darat atau mobil.

Euforia pulang kampung yang menyenangkan ternyata membuat para pemudik harus memenuhi kebutuhan airnya selama dalam perjalanan. Padahal di mana pun kamu berada, kebutuhan air untuk tubuh kamu harus selalu terpenuhi dan tercukupi, apalagi jika kondisi perjalanan macet.

(Baca juga: 2 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh)

Manfaat Air Putih yang Cukup Bagi Pemudik

Manfaat air putih ternyata tidak bisa diremehkan untuk masalah kesehatan.

  1. Bagi para pemudik yang menggunakan mobil, tentu selama perjalanan kamu akan terpapar AC selama perjalanan. Sebaiknya penuhi kebutuhan air selama perjalanan agar tidak mengalami dehidrasi. Kulit yang terpapar AC seharian dan kurangnya kebutuhan cairan dalam tubuh dapat membuat kulit kamu menjadi kering dan terlihat kusam.
  2. Kebutuhan air yang cukup akan sangat baik untuk sistem pencernaan kamu dan melancarkan metabolisme tubuh kamu. Selain itu, memenuhi asupan air juga akan memengaruhi produksi air liur.
  3. Sebaiknya hindari minuman yang memiliki kandungan soda atau kafein di dalamnya saat kamu sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil. Soft drink misalnya, merupakan minuman yang memiliki kandungan gula dan juga kalori yang cukup tinggi.
  4. Saat di perjalanan, kamu akan banyak menghabiskan waktu dengan duduk di dalam mobil. Selain itu, kamu juga akan kesulitan untuk beraktivitas karena ruangan dalam mobil yang terbilang cukup sempit. Maka dari itu, sebaiknya kamu minum air yang cukup, karena asupan cairan tubuh dibutuhkan untuk melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada bagian tubuh lainnya.
  5. Terkadang cuaca yang panas membuat perjalanan mudik kamu kurang nyaman, sebaiknya kamu juga perbanyak asupan air putih untuk tubuh kamu. Sehingga, tubuh tidak dehidrasi dan suhu tubuh kamu akan tetap normal.

Manfaat Air Putih Jika Kamu Menyetir Kendaraan

Banyak juga yang memilih untuk mengemudikan mobilnya sendiri saat pulang kampung. Selain lebih ekonomis, mengendarai mobil menuju kampung halaman juga dinilai lebih praktis karena bisa bersilahturahmi ke beberapa rumah saudara di kampung halaman. Namun, bagi kamu yang mengendarai mobil selama perjalanan mudik juga perlu memperhatikan asupan kebutuhan cairan, khususnya air putih.

  1. Masalah yang paling penting saat menyetir adalah fokus. Mencukupi kebutuhan air pada tubuh akan membuat kamu fokus, begitu pun saat mengendarai kendaraan. Sebaliknya, jika tubuh kamu kekurangan cairan, kamu bisa menjadi tidak fokus sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
  2. Sebaiknya penuhi kebutuhan air putih kamu selama menyetir menuju kampung halaman. Jika penumpang lain masih bisa meregangkan tubuhnya selama perjalanan, berbeda dengan kamu yang menyetir. Duduk di kursi supir dalam waktu yang lama akan membuat kamu sakit pinggang. Sebaiknya penuhi kebutuhan air dalam tubuh kamu untuk menghindari sakit pinggang.
  3. Saat tubuh mengalami dehidrasi, tekanan darah akan menurun dan detak jantung menjadi lebih cepat, sehingga kamu akan menjadi mudah lelah. Selain itu, kekurangan air bisa membuat kamu menjadi pusing atau sakit kepala.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

Mengonsumsi air putih saat perjalanan memang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan selama mudik. Jika kamu memiliki keluhan selama perjalanan mudik, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan Voice Call, Video Call, atau Chat, kamu bisa mendapatkan jawaban langsung dari dokter ahli. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!