Ini Alasannya Mengapa Anosmia Perlu Diwaspadai!

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Alasannya Mengapa Anosmia Perlu Diwaspadai!

Halodoc, Jakarta — Anosmia diartikan sebagai sebuah kondisi gangguan kesehatan yang ditandai dengan menurunnya atau hilangnya kepekaan penciuman yang disebabkan oleh gangguan saluran hidung. Terkadang anosmia akan hilang dengan sendirinya. Namun, karena beberapa faktor, anosmia bisa menjadi permanen. Inilah sebabnya anosmia dan ketidakmampuan mencium bau tertentu perlu diwaspadai.

  • Gangguan pada saluran hidung membuat orang dengan anosmia tidak dapat mencium bau busuk pada makanan yang sudah kedaluwarsa. Agar menghindari makanan yang sudah kedaluwarsa, pengidap anosmia disarankan lebih memperhatikan kondisi bahan pangan dan memeriksa tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan makanan yang dikonsumsi. Agar tidak lupa, tandai kembali tanggal kedaluwarsa pada makanan kemasan yang sudah dibuka (dimakan) saat akan menyimpannya kembali. Ini bertujuan untuk mencegah keracunan makanan.
  • Pengidap anosmia tidak dapat mencium bau asap kebakaran yang mungkin bisa terjadi di rumah. Karena itu, pengidap anosmia disarankan memasang alarm kebakaran atau pendeteksi asap, terutama di sekitar area dapur. Dengan begitu, keamanan menjadi lebih terjaga.
  • Jika terjadi kebocoran pipa gas atau tabung gas di rumah, pengidap anosmia tidak bisa mencium bau gas tersebut. Tentu akan berbahaya bila hal ini terjadi. Agar lebih aman, disarankan bagi pengidap anosmia untuk mengganti perangkat rumah tangga yang menggunakan gas menjadi perangkat elektrik.
  • Karena tidak mencium bau bahan kimia atau bau bahan berbahaya lain, pengidap anosmia harus jeli membeli dan memilih produk yang mengandung bahan kimia. Membaca label peringatan produk secara seksama akan sangat membantu. Saat membeli produk kimia keperluan rumah tangga, seperti cairan pembersih kamar mandi, pastikan kamu mengetahui apa saja bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya.
  • Ketidakmampuan mencium bau ini juga menyebabkan turunnya nafsu makan. Akibatnya,  beberapa pengidap anosmia mengalami penurunan berat badan. Agar tidak berpengaruh buruk, usahakan menjaga dan memperhatikan keseimbangan asupan nutrisi harian. Rajin menimbang bobot tubuh bisa menjadi indikator kondisi gizi tubuh kamu. Jika kamu merasa mengalami turunnya nafsu makan akibat tidak bisa mencium bau, sebaiknya kamu segera komunikasikan dengan dokter kamu.

Kamu juga bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan Video/Voice Call atau Chat untuk mengetahui pengertian anosmia dan upaya perawatan bagi pengidap anosmia. Di aplikasi Halodoc ini kamu juga bisa membeli obat dan vitamin dengan layanan Apotek Antar. Selain itu, kamu juga bisa cek lab tanpa harus keluar rumah. Supaya bisa menikmati layanan ini, ayo segera download aplikasi Halodoc dari App Store dan Google Play.