18 April 2018

Ini Bahaya Tidur Pakai Makeup

Ini Bahaya Tidur Pakai Makeup

Halodoc, Jakarta – Meski definisi cantik itu relatif, tetapi tampil cantik adalah impian banyak wanita. Caranya bisa beragam, mulai dari menggunakan skincare, pakai outfit menarik, hingga menggunakan riasan wajah (makeup). Semuanya akan bergantung pada pilihan dan selera kamu. Selama bikin nyaman dan percaya diri, lakukan saja. (Baca juga: Punya Alergi Makeup? Tetap Cantik dengan Trik Dandan Ini)

Untuk penggunaan skincare, kamu bisa menggunakannya saat tidur. Namun untuk makeup, sebisa mungkin kamu perlu menghapusnya. Sebab, tidur dengan menggunakan makeup bisa berbahaya untuk kesehatan kulitmu. Kok bisa? Simak fakta bahaya tidur dengan makeup berikut ini, yuk!

Bahaya Tidur dengan Makeup

Ada banyak alasan kenapa kamu enggak boleh tidur dengan makeup. Berikut adalah beberapa bahaya tidur dengan makeup :

1. Pori-pori Tersumbat

Make up yang masih menempel bukan hanya akan bercampur dengan keringat, melainkan juga dengan debu, polusi, dan minyak di wajah. Kombinasi makeup dan kotoran ini lah yang bisa menyumbat pori-pori di wajah dan memicu munculnya komedo dan jerawat. Jika dibiarkan, kondisi ini tak jarang akan semakin merusak kulitmu.

2. Iritasi pada Mata

Riasan pada mata (seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner) bisa menyumbat folikel rambut, kelenjar minyak, dan bakteri yang dapat memicu iritasi. Beberapa iritasi yang mungkin terjadi adalah mata merah (kojungtivitas) dan blefaritis, yaitu peradangan pada tepi kelopak mata yang menyebabkan bagian tersebut menjadi bengkak dan merah.

3. Bibir Kering

Tidak membersihkan lipstik saat tidur bisa membuat bibir mudah kering, kasar, dan pecah-pecah. Jika terus dibiasakan, lipstik yang menempel ini akan menghilangkan kelembapan kulit bibirmu. 

4. Munculnya Garis-garis Halus

Tidur adalah waktu terbaik bagi kulit untuk bernapas dan meregenerasi kulit wajah. Namun dengan adanya makeup, proses regenerasi akan terhambat. Radikal bebas bisa terperangkap di wajah dan memecah kolagen yang berperan penting untuk mengencangkan kulit. Akibatnya, tidur dengan makeup bisa meningkatkan risiko munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah.

Tips Membersihkan Makeup

Meski terlihat mudah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membersihkan makeup sebelum tidur. Apa saja tips membersihkan makeup? (Baca juga: 5 Kesalahan Membersihkan Makeup Wajah)

 

  • Cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Ini dilakukan untuk mencegah debu/bakteri yang ada di tanganmu menempel di kulit wajah.
  • Gunakan pembersih khusus untuk setiap riasan. Misalkan pembersih wajah untuk area wajah, pembersih mata untuk area mata, dan pembersih bibir untuk area bibir. Bersihkan sampai tidak ada kotoran yang menempel di kapas.
  • Cuci muka dengan sabun yang cocok dengan jenis kulit dan bilas dengan air dingin. Sebab, air dingin bisa menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.
  • Keringkan wajah dengan handuk yang bersih. Usahakan keringkan wajah dengan menepuk-nepuk handuk, bukan menggosoknya.
  • Setelah bersih, kamu bisa menggunakan skincare rutin yang biasa kamu gunakan.

 

Selain menggunakan skincare, kamu juga bisa merawat kulit dengan mengonsumsi vitamin untuk kesehatan kulit, lho. Kamu bisa mendapatkannya tanpa perlu repot keluar rumah. Kamu hanya perlu memesan vitamin yang kamu butuhkan di aplikasi Halodoc melalui fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: Suka Pakai Skincare? Intip Dulu 4 Fakta Ini)