08 November 2017

Ini Bahayanya Cemburu yang Berlebihan

Ini Bahayanya Cemburu yang Berlebihan

Halodoc, Jakarta – Kamu sering curiga sama pacar? Rasanya selalu ingin tahu si dia sedang apa dan sama siapa? Cemburu sih boleh saja, tapi jangan sampai berlebihan ya, karena enggak Cuma bisa membahayakan hubungan kamu dengan si Dia tapi juga kondisi mentalmu, lho. Berikut adalah akibat-akibat yang bisa ditimbulkan dari rasa cemburu yang terlalu tinggi.

Cemburu yang berlebihan diibaratkan seperti racun yang dapat membahayakan kesehatan seseorang. Penyebab timbulnya rasa tersebut adalah berawal dari prasangka negatif yang tidak didukung dengan data-data yang akurat,  namun tetap dipercaya dan dianggap sebagai sebuah kebenaran oleh si pencemburu.

Orang bisa merasakan cemburu yang berlebihan biasanya karena dipicu oleh sikap posesif yang ada di dalam dirinya. Bagaiamana pun juga, rasa cemburu yang terlalu berlebihan tidak baik untuk kesehatan, karena pencemburu akan berfokus pada perasaan dan perspektifnya sendiri, sehingga akhirnya orang tersebut akan sulit percaya kepada orang lain dan sulit mengembangkan dirinya. Jadi, jika kamu sering mencemburui pasanganmu secara berlebihan, segera atasi sikap tersebut. Karena jika tidak, berikut adalah dampak-dampak negatif yang bisa terjadi:

  • Kamu Terancam Dipecat Jadi Pacar

Tidak ada orang yang betah mempunyai pasangan yang cemburuan. Hanya mengobrol dengan teman lawan jenis saja langsung dicemburui. Pasangan kamu juga akan merasa dirinya terkekang dan tidak bebas melakukan kegiatannya sehari-hari. Jika kamu tidak mengubah sikap yang negatif tersebut, bisa jadi suatu saat nanti, ketika pasanganmu sudah tidak sanggup lagi, maka dia akan memutuskan hubungan dengan kamu.   

  • Tidak Ada yang Mau Berteman Lagi Denganmu

Sikap kamu yang selalu mencemburui pasangan secara berlebihan juga akan membuat teman-teman di sekelilingmu berpikir bahwa kamu adalah orang yang aneh dan menyebalkan. Tanpa sadar kamu juga sudah menyebarkan pengaruh yang negatif kepada mereka. Jadi, jika kamu tidak mau dijauhi teman-teman, coba redam rasa cemburumu, ya.

  • Efek Buruk Pada Mental

Rasa cemburu hanya membuat kamu selalu curiga kepada semua orang dan melihat sisi negatif dari segala sesuatu. Selain itu, orang yang selalu cemburuan sebenarnya adalah orang yang tidak percaya diri, merasa diri tidak berharga, dan pesimis. Ia akan selalu merasa sedih, marah, hingga akhirnya menjadi stres, bahkan depresi. Oleh karena itu, jangan biarkan rasa cemburu merusak kondisi mental kamu.

  • Efek Buruk Pada Kesehatan

Tidak hanya kondisi mental, tapi kesehatan kamu juga bisa terganggu lho karena rasa cemburu. Ada beberapa tipe orang yang jika sedang cemburu, mereka akan melampiaskannya dengan cara mengonsumsi makanan manis, sehingga menyebabkan diabetes atau obesitas.  Rasa cemburu juga bisa menyebabkan kamu tidak bisa tidur, sehingga mengalami insomnia. Belum lagi dampak stress yang diakibatkan oleh rasa cemburu bisa membuat sakit kepala. Jadi rasa cemburu hanya akan merugikan diri sendiri.

  • Pencemburu akan Berakhir Sendiri

Berisiko diputusi pacar dan dijauhi teman-teman, serta ada kemungkinan sulit memulai hubungan yang baru, si pencemburu pada akhirnya akan berakhir sendiri.

Nah, tidak mau kan mengalami semua dampak buruk di atas? Karena itu kamu perlu menghilangkan rasa cemburumu yang berlebihan dengan cara berikut:

  • Olahraga

Rajin berolahraga secara teratur dapat membuat pikiranmu menjadi lebih tenang. Pikiran yang tenang inilah yang bisa membuat kamu berpikir positif dan mengurangi rasa cemburu yang berlebihan.

  • Lakukan Hobimu

Melakukan hobi yang kamu sukai akan membuat suasana hatimu menjadi senang, sehingga mengalihkan pikiranmu dari rasa cemburu. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, pikiranmu juga akan menjadi lebih positif.

  • Komunikasikan dengan Pasangan

Cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa cemburu adalah dengan mengutarakan perasaanmu kepada pasangan. Bersikap jujur lah tentang apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Tapi, jadikan komunikasi ini dua arah, agar pasanganmu juga mendapatkan kesempatan untuk mengutarakan perasaannya. Sikap keterbukaan di dalam hubungan lah yang dapat menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan.


Jika rasa cemburumu sulit dihilangkan dan menjadi semakin tidak terkendali, segera hubungi psikolog untuk menanyakan kondisimu. Kamu juga bisa meminta saran kesehatan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter yang siap membantumu kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.