19 October 2017

Ini Dampak Sering Memainkan Smartphone Bagi "Kids Jaman Now!"

Ini Dampak Sering Memainkan Smartphone Bagi Kids Jaman Now

Halodoc, Jakarta – Seberapa lamakah dalam sehari kamu memainkan smartphone?. Kehadiran smartphone kini memang mengubah kebiasaan “kids jaman now” – sebutan untuk anak-anak jaman sekarang. Mereka pun lebih aktif bermain smartphone yang digunakan untuk chat, eksis di media sosial, berselancar internet dan untuk menelepon dengan rata-rata waktu yang dihabiskan dalam sehari bisa mencapai 6,5 jam. Sehingga tak ayal kini bisa kamu temui di berbagai tempat makan, di jalanan, bahkan dalam transportasi pun mereka dengan asik menatap pada layar smartphone-nya.

Berdasarkan penelitian dari the British Chiropractic Association, menyebutkan jika hobi anak jaman sekarang pada smartphone telah menyebabkan peningkatkan masalah pada kesehatan mereka, seperti masalah sakit punggung, nyeri sendi pada pergelangan tangan dan jari, serta rasa sakit pada bagian leher. Ahli praktisi kiropraksi asal Australia pun mengutip bahwa “jumlah pengidap penyakit tersebut semakin meningkat, khususnya di kalangan usia muda”. Selain bisa menimbulkan masalah pada kesehatan, kamu "kids jaman now" pun bisa mendapatkan dampak negatif lainnya yang perlu kamu ketahui seperti:

Rasa cemas yang berlebihan
Adanya smartphone memang membuat kita selalu tahu akan update atau berita terbaru dari lingkungan kita yang di upload di media sosial. Begitu juga kita yang selalu ingin menyebar luaskan "curhatan" kita di akun pribadi. Dengan begitu timbulah rasa ketergantungan, yang tentu meningkatkan rasa cemas akan perasaan takut diabaikan oleh orang-orang disekitar kamu apabila "curhatan" tak dilihat oleh teman atau orang terdekatmu.

Terkena obesitas
Adanya revolusi di bidang teknologi, khususnya pada smartphone, menyebabkan berkurangnya aktivitas fisik sehingga dapat menimbulkan penyakit obesitas. Ahli bedah ortopedi di UK, menyebutkan bahwa “tidak aktifnya seseorang akan seringnya bermain smartphone, dapat menyebabkan obesitas dan berisiko terkena penyakit kardiovaskular”.

Meningkatkan level depresi
Penggunaan teknologi bagi anak-anak jaman sekarang yang berlebihan, dapat berpotensi meningkatkan level depresi pada anak, sulitnya berkonsentrasi, terkenanya gangguan mental bipolar dan lain sebagainya.

Social Sklill” Menurun
Social skill atau ketrampilan sosial bagi seseorang sangatlah penting. Namun menggunakan smartphone yang berlebihan pun dapat menurunkan kemampuan bersosialisasi, padahal sebenarnya anak-anak pun perlu mempunyai keterampilan sosial seperti membaca emosi orang lain, bagaimana cara mengobrol yang benar, serta membaca karakteristik orang di hadapannya.

Timbulnya masalah susah tidur/Insomnia
Lebih dari enam puluh persen pengguna smartphone yang berusia 18 hingga 35 tahun membawa teknologi kesayangannya tersebut hingga ke tempat tidur. Walaupun kamu mencoba untuk memainkan smartphone dengan pengaturan ke “night mode” sekalipun, tentu paparan sinar dari layar smartphone dapat menekan melatonin sehingga menyebabkan masalah tidur. Penelitian lainnya pun berkata bahwa “stimulasi intelektual pada seseorang di malam hari dari smartphone membuat tubuh lebih sulit untuk rileks”.

Setelah melihat dampak-dampak yang didapatkan bagi kamu “smartphone addict”, lalu bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut cara-cara yang bisa kamu terapkan pada anak-anak atau orang terdekat:
 

  • Apabila ingin mengirimkan pesan di smartphone, sebaiknya hindari mengetik banyak dalam waktu bersamaan. Dianjurkan melakukan istirahat pada jari tangan kamu setiap 15 atau bahkan 20 menit.
  • Hindari menggenggam smartphone terlalu lama khususnya saat ibu jari sudah dalam kondisi pegal.
  • Jangan berada pada posisi konstan dalam jangka waktu yang cukup lama saat menggenggam smartphone. Usahakan  untuk menggerakan tubuh sesering mungkin.
  • Jauhkan smartphone 1 hingga 3 jam sebelum tidur pada malam hari.
  • Buat sedikit perubahan dalam hidupmu, seperti tidak menggunakan smartphone saat sedang makan atau ketika berkumpul bersama keluarga dan teman.



Ingin tahu cara apa lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dampak-dampak yang telah disebutkan diatas? Kamu tak perlu takut! Kini sudah ada aplikasi kesehatan Halodoc yang menawarkan berbagai fitur menarik yang membuat hidupmu lebih mudah. Kamu bisa berdiskusi langsung pada dokter melalui Contact Doctor mengenai kondisi kesehatan dan tips-tips lainnya untuk bisa mengurangi dampak diatas dengan pilihan metode Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan seperti vitamin, untuk menunjang kesehatan tubuhmu di fitur Apotik Antar yang nantinya akan diantar dalam waktu 1 jam saja. Yuk! download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.